Begini Alur Untuk Melakukan Vaksinasi Corona

Seorang Tenaga Kesehatan di RSUP M Djamil Padang melakukan Vaksinasi
Seorang Tenaga Kesehatan di RSUP M Djamil Padang melakukan Vaksinasi (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hari ini, Selasa 19 Januari 2021 sudah sepekan pasca vaksin Sinovac sampai di Sumatera Barat. Ada beberapa tahapan yang dilakukan sebelum melakukan vaksinasi.

"Kalau untuk melakuka vaksiasi ini, awalnya tenaga kesehatan harus mendapatkan pernyataan divaksin dari Kementrian Kesehatan yang dikirim melalui Sort Messages Service (SMS)," kata Kepala Puskesmas Padang Pasir, Winanda, Selasa 19 Januari 2021.

baca juga: Bupati Terpilih Pasbar Gunakan Mobil Dinas Mantan Bupati Periode 2010-2015, Alasannya Patut Dicontoh

Setelah itu, yang bersangkutan akan diberitahu akan melakukan vaksinasi dimana dan langsung saja pergi lokasi yang telah ditentukan dan dikirim melalui SMS tersebut.

"Saat sampai di lokasi tempat vaksinasi, yang bersangkutan langsung mendaftar di loket pertama dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)," lanjutnya.

baca juga: Kenali Penyebab dan Gejalanya, Ini 3 Jenis Sakit Kepala

Setelah diverifikasi, yang bersangkutan langsung melakukan pengecekan kesehatan di loket kedua dan harus dinyatakan sehat dan tidak memiliki penyakit penyerta.

"Kalau misalnya yang bersangkutan memiliki penyakit penyerta, nanti kami akan mengentrikan ke dalam sistem, nanti akan diberitahukan apakah akan tetap divaksin atau tidak," katanya.

baca juga: Tokoh Adat Tanah Datar Doakan Bupati dan Wabup Kompak Mengemban Amanah

Tetapi, jika yang bersangkutan hiper tensi atau tekanan darah tinggi, maka akan menunggu dijadwalkan ulang oleh Kementrian Kesehatan yang akan dikirim kembali melalui SMS.

"Jika sesuai dengan persyaratan untuk melakukan vaksinasi, maka akan lanjut ke loket ketiga untuk disuntik vaksin dengan satu dosis," lanjutnya.

baca juga: Studi Sebut Satu Suntikan Vaksin Pfizer Cegah Varian Baru Virus Corona Menyebar

Setelah itu, yang bersangkutan akan menunggu selama 30 menit untuk melihat apakah vaksin tersebut akan berpengaruh atau tidak terhadapnya.

"Setelah melakukan observasi selama 30 menit, nanti kami akan memberikan surat yang menyatakan telah divaksin dan sudar itu akan dibawa kembali terhitung dua pekan setelah vaksinasi pertama," lanjutnya.

Hal yang sama akan dilakukan kembali saat dilakukannya vaksinasi tahap kedua terhitung dua pekan setelah melakukan vaksinasi pertama.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri