Ilmuwan Temukan Lebih 7.000 Koin dari Abad ke-16

Koin kuno dari abad ke -16 di Hongaria.
Koin kuno dari abad ke -16 di Hongaria. (Facebook)

KLIKPOSITIF - Para ilmuwan menemukan lebih dari 7.000 koin kuno dari abad pertengahan di peternakan di Hongaria.

Pada abad ke-16, serangan dari Kekaisaran Ottoman, mungkin membuat orang Hongaria mengubur setumpuk koin perak dan emas yang kini telah ditemukan oleh para arkeolog .

baca juga: Ilmuwan Temukan Dinosaurus Terbang Jenis Baru Mirip Porg di Film The Last Jedi

Sebelumnya pada 2019, para ahli menemukan 150 koin kuno di Ujlengyel, sebuah desa di Hongaria yang berjarak sekitar 50 kilometer di tenggara Budapest.

Didorong oleh penemuan tersebut dan bantuan detektor logam, para arkeolog kembali ke situs tersebut pada akhir Desember 2020 untuk mencari harta karun lainnya.

baca juga: Setelah Berkuasa 30 Tahun, Presiden Chad Tewas Ditembak Pemberontak

Menurut postingan Facebook dari Museum Ferenczy di Hongaria, pencarian itu dipimpin oleh ahli koin Balazs Nagy dengan bantuan relawan dari Community Archaeological Association.

Di bukit terdekat, para arkeolog menggali lubang kecil dan menemukan ribuan koin kuno. Koleksi koin yang baru ditemukan terdiri dari hampir 7.000 koin perak dan empat koin emas.

baca juga: Ilmuwan Temukan Formula Baru yang Menghasilkan Cat Paling Putih di Dunia

Pada saat koin -koin itu dikubur mungkin sekitar 1520, koin-koin tersebut cukup berharga untuk membeli tujuh kuda dan menurut standar saat ini, koin itu juga akan cukup untuk membeli mobil mewah.

Koin tertua adalah dinar perak atau koin perak Romawi kaisar Romawi Lucius Verus yang memerintah dari 161 M hingga 169 M.

baca juga: Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Penistaan Agama, Pencarian Jozeph Paul Zhang Libatkan Interpol

Sementara koin terbaru dalam penimbunan berasal dari zaman Louis II, yang memerintah Hongaria dan Bohemia dari 1516 hingga 1526.

Di sisi lain, keempat koin emas yang dikeluarkan pada masa pemerintahan Matthias I, raja Hongaria dari 1458 hingga 1490, disembunyikan di bawah kain.

Penemuan lainnya termasuk koin langka yang dikeluarkan oleh Paus Pius yang memerintah dari 1458 hingga 1464 dan koin perak yang dikeluarkan pada masa pemerintahan beberapa penguasa abad ke-15 dan ke-16 lainnya.

Tidak diketahui secara pasti mengapa orang mengubur koin ini, tetapi para arkeolog berhipotesis bahwa orang Hongaria mungkin telah menguburnya selama serangan dari Kekaisaran Ottoman pada 1526.

Dilansir dari Live Science, Selasa (19/1/2021), pihak museum berencana untuk terus menjelajahi situs tersebut untuk mencari harta karun bersejarah lainnya.

Editor: Eko Fajri