Hari Ini DKPP Bacakan Putusan Perkara Kode Etik Penyelenggara Pemilu Dharmasraya dan Bukittinggi

DKPP
DKPP (net)

KLIKPOSITIF - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKPP ) akan menggelar sidang kode etik penyelenggara Pemilu.

Sidang mengagendakan pembacaan putusan terhadap 10 perkara di Ruang Sidang DKPP , Gedung DKPP , Jakarta Pusat, pada Rabu (20/1/2021) pukul 09.30 WIB.

baca juga: Diduga Lakukan Penambangan Emas Ilegal, 8 Warga Sawahlunto Dibekuk Polisi

Dua putusan perkara diantaranya merupakan perkara terhadap ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Dharmasraya dengan teradu Syamsu Rizal, Alde Rado, danLalila Husni.

Kemudian, ketua dan anggota KPU Bukittinggi dengan teradu Heldo Aura, Beni Aziz, Dony Syahputra, Zulwida Rahmayeni, Yasrul.

baca juga: Diperkirakan ada Triliunan Rupiah Anggaran Untuk Proyek Strategis di Sumbar, Solsel Fokus Jalan Tembus Solok Selatan-Dharmasraya

Pelaksana Tugas Sekretaris DKPP , Arif Ma'ruf mengatakan, semua perkara yang akan diputus telah diperiksa sebelumnya melalui sidang.

Sidang tersebut baik yang digelar di ruang sidang DKPP Jakarta, sidang di tempat (sidang pemeriksaan di daerah), dan sidang jarak jauh melalui fasilitas video conference.

baca juga: Tinjau Lokal Jauh di Kampung Jao, Pariyanto Apresiasi Semangat Belajar Murid, Orangtua dan Guru Honor

"Sidang putusan merupakan sidang terakhir atau final dari sebuah perkara yang telah diperiksa," katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (19/1/2021).

Sidang Putusan DKPP dapat disaksikan langsung oleh masyarakat melalui live streaming Facebook DKPP : www.facebook.com/medsosdkpp/.

baca juga: Atasi Keraguan, Ketua DPRD Dharmasraya Pariyanto Menerima Suntikan Vaksin Pertama

Dalam rangka pencegahan dan penyebaran Covid-19, sidang ini akan digelar tanpa kehadiran pengadu, teradu, pihak terkait maupun pengunjung.

"Ini juga merupakan bentuk transparansi dari DKPP terhadap proses persidangan kode etik penyelenggara Pemilu," jelas Arif.

(Muhammad Haikal)

Editor: Rezka Delpiera