Simbol SOS di Pulau Laki, Ini Dugaan Kuat Roy Suryo

simbol SOS yang muncul di dekat area jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182.
simbol SOS yang muncul di dekat area jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182. (Google Maps)

KLIKPOSITIF - Publik baru saja dihebohkan dengan adanya simbol SOS yang muncul di dekat area jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Simbol SOS itu muncul di aplikasi Google Maps saat mengetik kata kunci "Pulau Laki" yang menjadi tempat jatuhnya pesawat tersebut.

baca juga: Jika Konflik Internal Terus Berlanjut, Pengamat: Bisa Saja Demokrat Tak Bisa Ikut Pemilu

Perlu diketahui, simbol SOS alert itu kerap difungsikan untuk meminta pertolongan.

Pakar telematika, Roy Suryo ikut mengomentari hebohnya simbol SOS di dekat lokasi jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182 ini.

baca juga: Kejar Wisatawan dalam Negeri, Sandiaga Uno: Ada 55 Juta warga Kelas Menengah yang Ingin Berwisata

Roy Suryo mengungkit sejumlah hoaks yang belakangan marak terjadi seperti editan foto pesawat, suara angin yang dikira teriakan, dan potret 'merapi merekah'.

Sorotan Roy Suryo itu dipaparkan langsung lewat jejaring resmi Twitter miliknya, @KRMTRoySuryo2, pada Rabu (20/1/2021).

baca juga: Pemuda yang Terseret Gelombang di Pessel Berhasil Ditemukan, Satu Lainnya Masih dalam Pencarian

"Tweeps, setelah foto editan 'pesawat', suara angin yang dikira 'teriakan' dan editan 'Merapi Merekah', kini netizen heboh tanda 'SOS' di P. Laki via Google Maps," tulis Roy Suryo seperti dikutip Suara.com.

Menurut Roy Suryo, adanya SOS di dekat tempat jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182 adalah ulah iseng seseorang.

baca juga: Sebut Vaksinasi Covid-19 Berjalan Lambat, Perhimpunan Guru Pesimis Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli

Pasalnya, beberapa hari lalu kata dia tempat ini masih bertuliskan kalimat lain seperti "tukang sate' dan "wahana anak-anak".

"Ini jelas orang iseng. Karena 6 hari lalu tanda tersebut masih 'tukang sate' terus ganti 'wahana anak-anak' yang ramai di TikTok," tandas Roy Suryo.

Roy Suryo menyematan tangkapan layar foto dari Google Maps memperlihatkan foto Pulau Laki, tanda SOS, dan komentar publik.

Sebelumnya, Di belahan selatan Pulau Laki, terdapat simbol hijau bertuliskan SOS. Hal ini yang kemudian membuat publik ramai-ramai membanjiri unggahan akun Instagram Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Bassarnas), @SAR_Nasional.

Publik dalam kolom komentar memberi tahu soal munculnya simbol tersebut sehingga bisa ditindaklanjuti.

"Pak cek sinyal SOS di Pulau Laki," kata @Tubagusilham27.

"Pak cek tandas SOS di maps Pulau Laki, Pak. Barangkali ada something yang butuh bantuan bapak. Tapi kalau cuma ada orang iseng, toong dicegurin laut aja," balas @anindyamahestri.

"Pak tolong cek Google Maps untuk Pulau Laki ada sinyal SOS pak. Semoga ada keajaiban untuk para korban Sriwijaya Air SJ182," timpal @thiaraiiu.

"Barusan saya cek Google Maps ada sinyal SOS di Pulau Laki. Barangkali ada mukjizat penumpang yang terdampar dan masih hidup. Berharap semoga ada tindakan pencarian lagi," sahut @dindaagustiah_.

Pihak Google memang kerap memberikan tanda khusus apabila terjadi bencana atau insiden tertentu.

Sebelumnya, di area jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 juga sempat muncul simbol SOS berupa tanda seru bewarna merah dengan keterangan "Insiden Pesawat Sriwijaya AIr".

Meski begitu, untuk pemberian sinyal SOS di Pulau Laki, pihak Google sampai artikel ini diturunkan belum memberikan klarifikasi.

Editor: Eko Fajri