Sampah di Padang Berkurang Selama Pandemi, DLH: Lebih 50 Persen

ilustrasi
ilustrasi (ist)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Jumlah sampah di Kota Padang jauh berkurang selama masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir satu tahun.

"Untuk jumlah sampah di Kota Padang ini sebelum pandemi satu orang masyarakat menghasilkan 0,6 kilogram sampah dalam sehari. Tapi jumlah itu berubah selama pandemi ," kata kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang , Mairizon.

baca juga: Ini Tanggapan Anggota DPR Terkait Dugaan Mark Up Dana COVID-19 di Sumbar

Ia mengatakan bahwa penurunan jumlah sampah itu lebih dari 50 persen dari biasanya. "Biasanya jumlah sampah di Kota Padang mencapai 400 sampai 600 ton dalam sehari," lanjutnya.

Selama masa pandemi Covid-19, jumlah sampah di Kota Padang hanya sebanyak 150 ton sampai 200 ton dalam sehari. "Penurunan jumlah sampah ini ada banyak faktor," lanjutnya.

baca juga: Jika Konflik Internal Terus Berlanjut, Pengamat: Bisa Saja Demokrat Tak Bisa Ikut Pemilu

Faktor pertama menurutnya karena berkurangnya tingkat konsumsi masyarakat karena pandemi yang berakibat terhadap perekonomian masyarakat khususnya Kota Padang .

"Sama-sama diketahui selama masa pandemi ini perekonomian masyarakat anjlok dan mengakibatkan tingkat konsumsi berkurang sehingga jumlah sampah juga berkurang," lanjutnya.

baca juga: Kejar Wisatawan dalam Negeri, Sandiaga Uno: Ada 55 Juta warga Kelas Menengah yang Ingin Berwisata

Menurutnya, faktor lain penyebab berkurangnya sampah di kota Padang adalah karena berkurangnya jumlah populasi yang ada di Kota Padang selama masa pandemi .

"Selama pandemi ini kan banyak mahasiswa yang tidak berada di Kota Padang , hal itu yang membuat berkurangnya sampah di Kota Padang ," tutupnya.

baca juga: Sebut Vaksinasi Covid-19 Berjalan Lambat, Perhimpunan Guru Pesimis Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri