Terkait Penataan Arsip di Padang Panjang, Ini Pesan Wali Kota

Rakor Pengawasan Pengarsipan Internal Pemko Padang Panjang
Rakor Pengawasan Pengarsipan Internal Pemko Padang Panjang (DirgaR)

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF - Wali Kota Padang Panjang , Fadly Amran, mewarning pejabat di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang - Sumbar, untuk benar-benar melakukan proses pengarsipan sesuai standar yang ditentukan.

"Pengarsipan ini sangat penting dilakukan. Saya inginkan pejabat di OPD benar-benar melaksanakan kearsipan dengan baik. Tujuannya ini dilakukan mewujudkan pengelolaan arsip yang tertata," ungkap Fadly Amran saat Rakor Audit Pengawasan Kearsipan OPD di Hall Lantai lll Balai Kota, Rabu (20/1/2021).

baca juga: Terus Terjadi Kemacetan, Pasar Sayur Terminal Bukit Surungan Padang Panjang Segera Dipagar

Tertatanya arsip dalam organisasi, baik organisasi pemerintah maupun swasta, Fadly Amran menilai, akan membawa dampak yang bermanfaat.

Salah satu manfaat pengelolaan arsip sangat membantu pejabat pengambil kebijakan untuk merumuskan sebuah keputusan.

baca juga: Ternyata Ini yang Dilakukan 4 Pelajar SMA 2 Padang Panjang Sebelum Tersesat di Hutan Lembah Anai

Tidak hanya dalam mengambil keputusan. Arsip merupakan barang bukti yang harus dipertanggungjawabkan sebagai bentuk dari transparansi birokrasi Pemko Padang Panjang .

" Arsip juga dapat bermanfaat secara optimal bagi organisasi apabila dikelola dengan tertib dan teratur. Namun sebaliknya, apabila arsip dikelola dengan tidak tertib, maka akan menimbulkan masalah bagi organisasi. Apabila arsip sulit untuk ditemukan, akan menjadi hambatan dalam proses pengambilan keputusan dan akan mempersulit proses pertanggungjawaban," ujar Fadly Amran.

baca juga: Buka Peluang Kerja Ke Luar Negeri, Wako Fadly Amran: Siapkan Calon Pekerja Andal dan Kompetitif

Menurut wali Kota, arsip bukan sebatas digunakan untuk administrasi. Namun, arsip juga perlu diselamatkan serta dilestarikan keberadaannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Alvi Sena, menjelaskan, kegiatan Rakor ini digelar untuk meningkatkan pengetahuan, informasi dan juga menambah wawasan terkait pelestarian dan pengelolaan arsip .

baca juga: Manfaatkan Ruang Publik, 4 Aktor Perempuan Padang Panjang Gelar Parade Monolog Politik

" Rakor ini bertujuan untuk mengingatkan sekaligus menambah informasi terkait kearsipan di lingkungan Pemko Padang Panjang .

Penulis: Dirga Rahmat | Editor: Haswandi