Asrama Haji Sudiang Makasar Dijadikan Tempat Penampungan Para Pengungsi Gempa Sulbar

Gubernur Sulsel mengunjungi pengungsi asal Mamuju, Sulawesi Barat, di Asrama Haji Sudiang Makassar
Gubernur Sulsel mengunjungi pengungsi asal Mamuju, Sulawesi Barat, di Asrama Haji Sudiang Makassar (Humas Kemenag Sulsel)

KLIKPOSITIF - Instruksi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk tanggap darurat terhadap kejadian banjir dan gempa di beberapa wilayah Indonesia, langsung ditindaklanjuti jajarannya di pusat hingga daerah.

Di tingkat pusat, gerakan Kemenag Peduli dibangkitkan kembali dengan membuka rekening donasi. Di daerah, Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama terdekat dengan provinsi terdampak pun mulai bergerak.

baca juga: Gempa 5,8 SR, Warga di RSUP M Djamil Berhamburan

Seperti yang dilakukan oleh jajaran ASN Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan, yang merupakan salah satu provinsi terdekat Sulawesi Barat.

"Sesuai arahan Bapak Menteri kami di daerah telah membentuk juga Tim Tanggap Darurat Kemenag Sulsel dan juga menyediakan Asrama Haji Sudiang Makassar sebagai tempat penampungan pengungsi gempa Sulbar," ungkap Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni, di Makassar, Selasa (19/01) yang dikutip dari laman Kemenag.

baca juga: Gempa Berkekuatan 5.0 SR Guncang Kepulauan Mentawai Sumbar

Kirim Bantuan

Ketua Tim Tanggap Darurat Kanwil Kemenag Sulsel Fathurrahman menyampaikan Tim Tanggap Darurat Kemenag Sulsel rencananya akan bergerak ke titik lokasi gempa untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak di Majene dan Mamuju, pada Kamis, 21 Januari 2021. "Tim akan membawa sumbangan logistik yang terkumpul dari partisipasi ASN Kemenag se-Sulsel," jelas Fathurahman yang juga menjabat sebagai Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulsel.

baca juga: Kemlu Sebut Tidak Ada WNI yang Menjadi Korban Gempa Fukushima Jepang

Fathurrahman yang ditemui usai Rapat Teknis Tim Tanggap Darurat Bencana Kanwil Kemenag Sulsel ini menjelaskan, rencananya tim ini akan berangkat dari Kabupaten Pinrang, yang merupakan daerah perbatasan Provinsi Sulsel dan Sulbar.

Ia menambahkan, berdasarkan rapat yang dilakukan, disepakati akan ada dua jalur pengangkutan bantuan. "Donasi berupa Logistik atau barang yang terkumpul, akan diangkut menggunakan Pesawat Herkules TNI AU di Lapangan Udara Sultan Hasanuddin Makassar," kata Fathurahman.

baca juga: UPZ Baznas Semen Padang Kirim Beras 3,5 Ton untuk korban Gempa Sulbar

"Sementara Logistik yang berasal dari Kemenag Kabupaten Kota Lainnya di Sulsel akan dibawa menggunakan jalur darat dan Kantor Kemenag Kab. Pinrang dipilih menjadi lokasi titik Kumpul sebelum berangkat bersama ke Sulbar," imbuhnya.

SediakanAsrama Haji untuk Pengungsi

Sementara, pada Selasa (19/01), terpantau sekitar 70 pengungsi asal Mamuju, Sulawesi Barat telah tiba di Asrama Haji Sudiang Makassar. "Sampai sore tadi jumlah pengungsi yang tiba di asrama haji berjumlah 70 org, tetapi sebagian dari mereka sudah dijemput oleh keluarganya," jelas Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar Iqbal.

Iqbal menjelaskan, Asrama Haji Sudiang menyiapkan dua wisma untuk menampung pengungsi asal Sulbar. "Kita juga bekerja sama dengan Pemprov Sulawesi Selatan. Selama masa penampungan, pengungsi diinapkan di wisma, dan diberikan pelayanan kesehatan, makan, dan sebagainya," kata Iqbal.

Editor: Haswandi