Amankan Anak Jalanan, Satpol PP Padang Harapkan Warga Tidak Memberi Uang ke Anjal dan Pengemis

Anak jalanan yang diamankan Satpol PP Padang
Anak jalanan yang diamankan Satpol PP Padang (Istimewa)

PADANG , KLIKPOSITIF - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang - Sumbar mengamankan empat anak jalanan di perempatan traffic light Simpang Balai Baru, Kecamatan Kuranji Padang , Kamis 21 Januari 2021.

Anak jalanan itu diamankan saat petugas melakukan patroli rutin terkait pengawasan terhadap ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di Kota Padang .

baca juga: Terseret Ombak di Pantai Lolong Padang, Bocah 10 tahun Ditemukan Meninggal Dunia

"Empat remaja ini kami tertibkan karena kedapatan oleh petugas mereka tengah melakukan aktivitas di perempatan lampu merah sekira pukul 10.00 WIB di kawasan Balai Baru, Jalan Raya By Pass. Mereka kemudian langsung diangkut ke Mako Satpol PP Jalan Tan Malaka Padang ," kata Kasatpol PP Padang , Alfiadi.

Menurutnya, anak jalanan tersebut diamankan karena menganggu ketertiban umum juga sangat membahayakan keselamatan mereka saat berada di perempatan traffic light.

baca juga: Audensi dengan Komisi IV DPRD Sumbar, GMNI Padang Sorot Dugaan Penyalahgunaan Dana Covid-19

"Mereka beraktivitas di lampu merah sangat meresahkan pengguna jalan serta membahayakan pada keselamatan mereka, oleh karena itu tentu mereka harus kita tertibkan dan kita lakukan pembinaan," lanjutnya.

Ia menjelaskan, dalam rangka antisipasi hal tersebut personelnya setiap hari selalu aktif melakukan pengawasan di lokasi-lokasi yang sering mereka beraktivitas.

baca juga: Dinkes Padang Berikan 1000 Dosis Vaksin Kepada TNI dan Polri

"Di Mako ini mereka di proses sesuai aturan dan selanjutnya kita serahkan ke Dinas sosial," lanjutnya.

"Kami memohon kepada masyarakat hentikanlah memberi uang atau barang kepada anjal , pengemis, "Pak Ogah" Maupun Anak Punk yang beraktivitas meminta minta di perempatan lampu merah, jika ingin menjadikan kota kita tertib, sepanjang masyarakat masih memberi berarti kita menyuruh mereka hidup di jalanan yang menyebabkan kota menjadi tidak tertib," tutupnya.

baca juga: Dinkes Padang Telah Vaksin 10 Ribu Nakes, Kini Giliran Pelayan Publik dan Lansia

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi