Ini Penjelasan BMKG Terkait Gempa di Sulawesi Utara

Peta guncangan gempa bumi
Peta guncangan gempa bumi (BMKG)

KLIKPOSITIF - Sekitar pukul 19.23 WIB, Kamis (21/01/2021) wilayah Laut Filipina diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=7,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,94 LU dan 127,44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 kilometer arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 119 kilometer.

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Filipina.

baca juga: Gempa 5,8 SR, Warga di RSUP M Djamil Berhamburan

Menurutnya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Ia juga menyampaikan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Melonguane, Tahuna, Ondong dengan skala intensitas IV MMI, kemudian Manado, Bitung III MMI, selanjutnya Galela , Gorontalo, Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Barat II-III MMI. Getaran gempa juga dirasakan di Bolaang Uki II MMI, kemudian di Ternate, Sofifi, Halmahera Tengah I-II MMI.

baca juga: Gempa Berkekuatan 5.0 SR Guncang Kepulauan Mentawai Sumbar

Bambang menjelaskan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

baca juga: Kemlu Sebut Tidak Ada WNI yang Menjadi Korban Gempa Fukushima Jepang

Editor: Haswandi