KPU Tanah Datar Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada 2020

Rapat evaluasi penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kabupaten Tanah Datar
Rapat evaluasi penyelenggaraan Pilkada Serentak di Kabupaten Tanah Datar (Ist)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar melakukan evaluasi terhadap setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Lanjutan 2020.

"Selesai tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar 2020, maka tahapan evaluasi menjadi penting untuk menginventarisir masalah yang terjadi sehingga Pilkada ke depan lebih baik," ucap Ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi usai rapat evaluasi dengan jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Emersia Hotel Batusangkar, Jumat 22 Januari 2021.

baca juga: Wabup Tanah Datar Bertekad Wujudkan ASN Tanah Datar yang Hafiz Quran

Ia menyebut pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Tanah Datar secara umum berlangsung sukses dan tidak ada gugatan terkait hasil penghitungan suara dari pasangan calon ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Tinggal satu tahapan yang belum terlaksana yakni penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar . Dalam waktu dekat kita akan menggelar rapat pleno terkait hal tersebut," tutur Fahrul.

baca juga: Hari Ini 32 Pasien di Tanah Datar Sembuh COVID-19, Total Jadi 1.120 Orang

Selain membahas evaluasi penyelenggaran tahapan Pilkada Serentak, pada kesempatan itu juga menghadirkan tiga narasumber yakni Komisioner KPU Provinsi Sumbar Nova Indra, Ketua Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDi) Provinsi Sumbar Muhamad Mufti Syarfi, dan Ketua Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sumbar Samaratul Fuad.

Fahrul yang didampingi Komisioner KPU Tanah Datar Henni Sari, Erlonadi, Fitri Yenti, dan Tomas Hendriko menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kinerja penyelenggara adhock (PPK, PPS, KPPS, dan PPDP) sehingga Pilkada berjalan aman dan sukses. (*)

baca juga: Rentenir Masih Ada di Tanah Datar, Ini Kiat Bupati Menghadapinya

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera