Tahun Ini Buka 2 Prodi Baru, STMIK Indonesia Padang Targetkan Segera Menjadi Universitas

Ketua STMIK Indonesia Padang, Masyhuri Hamidi, SE, M. Si, PhD. CFP.
Ketua STMIK Indonesia Padang, Masyhuri Hamidi, SE, M. Si, PhD. CFP. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - STMIK Indonesia atau lebih dikenal dengan STMIK Indonesia Padang adalah salah satu sekolah tinggi manajemen informatika di Padang, Sumatera Barat yang telah berdiri sejak 4 Juni 1986. Motto PTS ini yakni menjadi perguruan tinggi bidang Sistem Informasi Terkemuka di Sumatra Bagian Tengah. Pada bulan Juni 2015 lalu, perguruan tinggi ini resmi memperoleh Akreditasi B dan menjadi Satu satunya PTS dengan Akreditasi Terbaik di Sumatera Barat.

Setelah sekian lama berdiri dengan program studi (prodi) unggulannya yakni Sistim Informasi, pertengahan tahun ini STMIK akan menghadirkan dua prodi baru yang mana akan siap menerima mahasiswa baru yaitu Informatika dan Bisnis Digital.

baca juga: Peringati Dies Natalis ke-48, ITP Siap Menuju World Class University pada tahun 2040

"STMIK mencoba untuk berinovasi dengan menghadirkan dua prodi baru, bahkan salah satunya saya yakini bakal menjadi prodi favorit karena prodi ini pertama kalinya ada di Sumatera," ujar Ketua STMIK Indonesia Padang, Masyhuri Hamidi, SE, M. Si, PhD. CFP.

Kampus STMIK Indonesia Padang
Kampus STMIK Indonesia Padang

Ia mengungkapkan, prodi bisnis digital tersebut dibuka di STMIK setelah ia mencoba melihat dan memahami perkembangan teknologi yang semakin maju serta disesuaikan dengan kondisi pandemi yang terjadi saat ini. Menurutnya, tak berselang berapa lama lagi, gaya hidup masyakarat akan semakin berkembang dan lebih bergantung pada digitalisasi hasil dari teknologi yang semakin maju. Karena itu ia yakin nanti jurusan yang dibukanya itu bakal menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru.

baca juga: Tingkatkan Penyebaran Informasi, ITP Jalin Kerja Sama dengan Media di Sumbar

Selain itu, untuk jurusan bisnis digital ini, STMIK Indonesia Padang memfokuskan pada bagian IT-nya. Dimana dalam dunia E-Commerce, selain dibutuhkan kemampuan dalam menampilkan foto produk, kemampuan dalam memahami pasar secara digital juga sangat butuh untuk dipahami guna mencapai target pasar.

Taman Digital kampus STMIK Indonesia Padang
Taman Digital kampus STMIK Indonesia Padang

Di sisi lain, ia juga telah menyiapkan tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidang tersebut. Berbagai dosen dengan latar belakang pendidikan yang bagus dan asal perguruan tinggi terkenal siap untuk mengajar para mahasiswa di prodi itu.

baca juga: ITP Bantu Temukan Solusi dari Masalah Kesulitan Air Bersih di Nagari Indrapura

Sementara itu, untuk jurusan Informatika STMIK Indonesia, mahasiswa akan mempelajari tentang cara menggunakan teknologi komputer secara optimal guna menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Untuk prodi ini, PTS dengan akreditasi B ini telah menyiapkan labor komputer dengan spek yang tinggi sehingga mahasiswanya tak merasa kesulitan dalam proses pembelajaran.

Mushala STMIK Indonesia Padang
Mushala STMIK Indonesia Padang

"Jika telah disahkan, STMIK Indonesia Padang akan memiliki 3 prodi, kurang dua lagi untuk menjadi universitas. Target kami tahun depanlah (jadi universitas)," ujar pria yang akrab disapa Midi ini.

baca juga: Prodi Sipil ITP Gelar Pengabdian Masyarakat Berupa Up-Skilling dan Re-Skilling

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya kampus tersebut telah siap untuk menjadi Universitas, namun karena persyaratannya yang berlum terpenuhi yakni kurangnya prodi, tapi ia yakin STMIK dapat segera menjadi universitas yang bergengsi di Sumbar.

Lapangan basket kampus STMIK Indonesia Padang
Lapangan basket kampus STMIK Indonesia Padang

Midi belum mengungkapkan tentang dua jurusan lainnya yang akan dibuka di STMIK pada tahun mendatang, karena ia masih berfokus dengan hadirnya dua prodi baru yang rencananya sudah akan bisa menerima mahasiswa baru pada April 2021 nanti.

"Belum tahu pastinya untuk kelengkapan dua jurusan lainnya jika kami ingin jadi universitas. Doakan saja," katanya.

Luasnya lapangan parkir STMIK Indonesia Padang
Luasnya lapangan parkir STMIK Indonesia Padang

Di sisi lain, Wakil Bidang II Administrasi dan Keuangan STMIK Indonesia Padang H.M Dahniel Dahlan, SE, MM mengungkapkan bahwa STMIK Indonesia Padang menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajar (PBM). Fasilitas kampus tersebut seperti studio mini, labor komputer, ruang belajar, wifi dengan kecepatan hingga 100mbps, taman digital untuk tempat belajar dan diskusi antar mahasiswa, lapangan basket, perpustakaan, mushala, lapangan parkir yang luas dan berbagai fasilitas lainnya.

Selain itu, di STMIK juga terdapat berbagai beasiswa untuk mahasiswa yang tidak mampu atau memiliki prestasi. Beasiswa yang terdapat di STMIK seperti Beasiswa Hafiz Al-Qur'an Minimal 2 Juz, Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa PPA dan BBP-PPA, Beasiswa Siswa Berprestasi, Beasiswa Bank Nagari dan beasiswa Lainnya. Dengan adanya beasiswa ini, ia berharap agar para mahasiswa yang memiliki masalah uang untuk biaya pendidikan tidak perlu merasa cemas dalam menyelesaikan studinya.

Studio mini STMIK Indonesia Padang
Studio mini STMIK Indonesia Padang

"Asalkan rajin mengikuti PBM dan mau berusaha, mahasiswa yang butuh biaya untuk pendidikannya pasti akan dapat beasiswa," katanya.

Sementara itu, untuk lulusan STMIK Indonesia Padang tak kalah dengan mahasiswa asal perguruan tinggi lainnya. Banyak dari alumni kampus tersebut telah bekerja di perusahaan bergengsi ataupun di instansi terkenal lainnya.

"Banyak dari lulusan kami yang kembali dan bercerita bahwa ia merasa percaya diri bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya dalam mendapatkan pekerjaan. Hal itu teruji setelah banyak dari mereka yang telah bekerja," tuturnya.(*)

Editor: Khadijah