ACT Sumbar Siapkan Kapal Untuk Angkut Bantuan Bencana Sulbar

Logo Kapal Dermawan
Logo Kapal Dermawan (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat menyiapkan satu unit kapal untuk mengangkut bantuan yang akan diberikan kepada korban bencana gempa di Sulawesi Barat.

"Kapal yang kami siapkan ini akan mengangkut sebanyak 1000 ton bantuan untuk saudara-saudara kita yang ada di Sulawesi Barat," kata kepala ACT Sumatera Barat, Zeng Wellf, Jumat 22 Januari 2021.

baca juga: Pakar Gempa Ingatkan Warga Terkait Gempa dan Tsunami yang Masih Mengancam Kota Padang

Ia mengatakan, kapal pengangkut bantuan tersebut diberi nama Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan.

"Kami merencanakan kapal ini akan diberangkatkan ke Sulawesi pada bulan Februari sekitar tanggal 10 sampai 13 mendatang," lanjutnya.

baca juga: 150 Rumah dan Infrastruktur Publik Rusak Akibat Gempa 6,1 SR di Maluku Tengah

Ia menyatakan bahwa bantuan yang akan diangkut berupa bantuan pangan yang dikumpulkan dari para dermawan di Ranah Minang untuk warga di Sumawesi Barat.

"Bantuan yang akan dibawa itu berupa makanan seperti beras, rendang dan beberapa makanan cepat saji dan juga air minum," lanjutnya.

baca juga: Soal Kesiapan Padang Menghadapi Gempa, Begini Kata Badrul Mustafa

Ia berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban korban bencana gempa di Sulawesi Barat nantinya dan bisa menjadi ladang pahala bagi para dermawan Ranah Minang. Penggalangan bantuan sudah mulai dibuka beberapa hari yang lalu hingga 10 Februari mendatang.

Untuk bantuan berupa pangan dan dana bisa langsung diantarkan ke kantor ACT Sumbar di Jalan S. Parman No. 170 J, Ulak Karang Sel., Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat 25134.

baca juga: ACT Bantu UMKM Indonesia Bangkit Saat Pandemi, Gubernur Sumbar: UMKM Memang Butuh Dukungan

Sedangkan bagi Anda yang ingin membantu berupa uang, bisa dikirim melalui rekening BRI 0382 01 000 769 305 Atas Nama Aksi Cepat Tanggap.

Sejak berdiri pada Maret 2017, ACT Sumbar telah banyak berkiprah di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai program. Program itu antara lain bantuan untuk Gaza, Palestina, inisiasi pendirian MCK, usaha mikro, dll.

Sejak berdiri, bantuan yang diterima ACT Sumbar dari donatur diantaranya; sejak Maret 2017 (selama 2017) sebanyak Rp 3.6 miliar, tahun 2018 sebanyak Rp 6.6 miliar, tahun 2019 sebanyak Rp11 miliar, dan untuk 2020 sebanyak Rp6.5 miliar.

"Untuk 2020 nominalnya menurun, namun jumlah donaturnya meningkat dari tahun sebelumnya," jelas Zeng Wellf.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Fitria Marlina