Seribu Bidang Tanah Warga Belum Bersertifikat, Ini Upaya Pemko Pariaman

Penyuluhan sertifikat tanah
Penyuluhan sertifikat tanah (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Kota Pariaman - Sumbar punya program Prona (Proyek Operasi Nasional Agraria) yang diluncurkan oleh Badan Pertahanan Nasional (BPN) untuk mempermudah pengurusan sertifikat tanah warga.

"Maka dengan adanya program Prona, pengurusan sertifikat tanah tersebut akan dipermudah," kata Asisten I Administrasi Pemerintahan Umum Sekterariat Daerah Kota Pariaman , Yaminurizal, Jumat 22 Januari 2021.

baca juga: Proyek 114 Rumah RTLH di Pariaman Tuai Masalah, Apa yang Terjadi?

Lebih lanjut dikatakannya, Kota Pariaman kembali mendapatkan bantuan pada kegiatan Prona.

"Ini merupakan kerjasama Pemko Pariaman bersama BPN Kota Pariaman . Untuk kegiatan ini kami Pemerintah Kota Pariaman mengucapkan terima kasih kepada BPN yang telah membantu masyarakat Kota Pariaman , " ungkap Asiten I itu.

baca juga: Wujudkan Pariaman Kota Bebas dari Knalpot Racing, Ini Tindakan Satlantas Pariaman

Saat ini, katanya lagi, masih banyak lahan di Kota Pariaman yang belum mempunyai sertifikat, disebabkan kerana biaya yang belum dimiliki masyarakat. Dengan adanya Prona sangat membantu masyarakat dalam proses pengurusan sertifkat tanah .

Ia berharap kepada masyarakat yang akan mengurus sertifikat tanah untuk betul-betul telah mempersiapkan semua surat-surat yang dibutuhkan, apalagi tanah tersebut merupakan tanah kaum atau tanah pusako agar tidak ada masalah yang timbul di kemudian hari.

baca juga: Ketua SPI Pasbar Sebut Kementrian Agraria Harus Kembalikan 2.000 Hektar Tanah Ulayat

Penulis: Rehasa | Editor: Haswandi