Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wabup Pasbar Terpilih, HamRis Sujud Syukur

Pasangan Hamsuardi - Risnawanto sujud sukur saat ditetapkan sebagai pasangan terpilih hasil pilkada serentak 2020
Pasangan Hamsuardi - Risnawanto sujud sukur saat ditetapkan sebagai pasangan terpilih hasil pilkada serentak 2020 (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pasangan Hamsuardi - Risnawanto (HamRis) sujud syukur usai ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih pemilu serentak 2020.

"Kita sudah ditetapkan oleh KPU dan sudah diputuskan sebagai pasangan kepala daerah terpilih Pasaman Barat ," sebut Bupati terpilih Hamsuardi usai rapat pleno terbuka KPU di Aula Hotel Gucci Simpang Empat, Jumat (22/1) .

baca juga: Ketua SPI Pasbar Sebut Kementrian Agraria Harus Kembalikan 2.000 Hektar Tanah Ulayat

Menurutnya penetapan dirinya dan pasangannya sebagai bupati dan wakil bupati terpilih masih ada proses tahapan yang harus ditempuh hingga menjadi kepala daerah.

"Tentu masih ada proses tahapan yang kita tempuh yakni dari pengambilan surat keputusan, pelantikan dan serah terima jabatan," katanya didamping Wakil Bupati terpilih Risnawanto.

baca juga: Tuntut Selesaikan Konflik Agraria, Ratusan Massa SPI Datangi Kantor Bupati Pasbar

Sementara itu Ketua KPU Pasaman Barat , Alharis menjelaskan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih Pasaman Barat sudah sesuai dengan prosedur dan mekanisme tahapan.

"Dari hasil rekapitulasi suara, bupati dan wakil bupati terpilih Pasaman Barat meraih suara sebanyak 56.555 suara atau sebesar 31,49 persen dari selisih suara sah," jelasnya.

baca juga: Terpilih Jadi Ketua, Tri Tegar Marunduri: KNPI Pasbar Siap Membantu Program Pemerintah

Menurutnya setelah penetapan calon terpilih, pihaknya akan mengirimkan berita acara dan surat keputusan ke DPRD Pasaman Barat dan Pemerintah Daerah Pasaman Barat .

"Untuk mengusulkan pelantikan pasangan terpilih. Itu nantinya yang mengusulkan pemerintah daerah dan DPRD kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur," terangnya.

baca juga: Kepiting Bakau, Harta Karun Pasaman Barat yang Terabaikan

"Kita hanya mengirimkan berita acara dan surat keputusan. Untuk selanjutnya bukan kita yang menentukan, baik itu pelaksanaan pelantikan yang biasanya akan diselenggarakan di Kantor Gubernur Sumatera Barat," sambungnya mengakhiri.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera