Disdik Sumbar Turunkan Tim Selidiki Dugaan Pemaksaan Pakai Kerudung kepada Siswa Non Muslim

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri
Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri menyatakan bahwa tidak ada aturan dinas yang menyatakan bahwa seluruh siswi harus menggunakan kerudung seperti yang terjadi di salah satu sekolah kejuruan di Kota Padang .

"Kami menegaskan bahwa tidak ada aturan untuk memaksa non muslim menggunakan pakaian muslim atau menggunakan kerudung," katanya kepada wartawan, Jumat 22 Januari 2021.

baca juga: Andre Bantu Puluhan Mushaf Al Quran untuk Masjid Al Bahrain

Ia mengatakan, untuk permasalahan di SMKN 2 Padang , pihaknya telah menurunkan tim untuk menyelidiki apakah ada kesalahan sekolah dalam permaslahan tersebut atau tidak.

"Tadi tim sudah berjalan dan kami masih belum menentukan apakah pihak sekolah melakukan kesalahan dalam hal intoleran atau tidak. Yang jelas proses akan tetap dilakukan," katanya.

baca juga: Audensi dengan Komisi IV DPRD Sumbar, GMNI Padang Sorot Dugaan Penyalahgunaan Dana Covid-19

Menurutnya, jika pihak sekolah dinyatakan bersalah dalam hal intoleran, maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas terhadap pihak yang bertanggung jawab di SMKN 2 Padang .

"Kalau pihak sekolah dinyatakan bersalah dari hasil pemantauan yang kami lakukan, nantinya akan kami lakukan penindakan sesuai dengan aturan yang berlaku," lanjutnya.

baca juga: Dinkes Padang Berikan 1000 Dosis Vaksin Kepada TNI dan Polri

Meskipun begitu, Adib tidak membeberkan tindakan apa yang akan diambil jika sekolah dinyatakan melakukan pelanggaran intoleran terhadap siswa non muslim di sekolah tersebut.

Sebelumnya, viral di media sosial terkait dugaan pemaksaan menggunakan kerudung di SMKN 2 Padang yang diunggah oleh akun facebook Elianu Hia.

baca juga: Gempa 5,8 SR, Warga di RSUP M Djamil Berhamburan

Ia memposting sebuah foto yang menyatakan bahwa ia tidak setuju anaknya menggunakan kerudung ke sekolah dan juga sebuah video berdurasi 12 menit lebih saat ia menemui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi