Heboh Masalah Kerudung, Disdik Sumbar Kirimkan Surat Edaran ke Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri
Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri akan menyurati seluruh Sekolah Menengah agar tidak memaksa siswi non muslim untuk menggunakan kerudung ke sekolah .

"Dari kejadian ini, nanti kami dari dinas akan mengirimkan surat edaran kepada seluruh sekolah agar tidak memaksa siswi non muslim untuk menggunakan kerudung," kata Adib, Jumat 22 Januari 2021.

baca juga: Pasokan Ikan Berkurang di Pasar Raya Padang, Harga Tetap Stabil

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar kejadian yang sama tidak terjadi lagi di sekolah lainnya yang ada di Sumatera Barat ke depannya.

"Tidak ada niat kami di unsur pendidikan untuk melakukan diskriminasi. Semua itu awalnya agar seluruh siswa agar menggunakan pakaian yang seragam," lanjutnya.

baca juga: Harga Cabai di Pasar Raya Padang Anjlok, Ini Penyebabnya

Sementara itu, untuk menyelsaikan permasalahan yang terjadi di SMKN 2 Padang , pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan peninjauan yang akan menyatakan sekolah bersalah atau tidak.

"Untuk menyelesaikan masalah ini, kami nanti sudah menurunkan tim untuk melakukan peninjauan dan hasilnya nanti akan kami informasikan lebih lanjut," lanjutnya.

baca juga: Alat Sistem Peringatan Dini Gempa Sering Hilang, Ini Langkah yang Akan Dilakukan BPBD Padang

Untuk menyelesaikan permaslahan tersebut, pihaknya langsung menurunkan Kepala bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memediasi antara sekolah dan pihak orangtua siswa .

"Kami telah memerintahkan Kabid SMK untuk menyelesaikan permasalahan ini dan nanti akan dipanggil orang tua siswa agar permasalahan ini selesai," lanjutnya.

baca juga: Pakar Gempa Ingatkan Warga Terkait Gempa dan Tsunami yang Masih Mengancam Kota Padang

Sebelumnya, viral di media sosial terkait pemaksaan menggunakan kerudung di SMKN 2 Padang yang diunggah oleh akun facebook Elianu Hia.

Ia memposting sebuah foto yang menyatakan bahwa ia tidak setuju anaknya menggunakan kerudung ke sekolah dan juga sebuah video berdurasi 12 menit lebih saat ia menemui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi