Minggu Depan, Komnas HAM Akan Temui Kadisdik Padang

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia akan bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat terkait permasalahan dugaan pemaksaan menggunakan jilbab di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang .

"Senin 25 Januari 2021 mendatang kami akan bertemu dengan Ombudsman Perwakilan Sumbar dan pihak Dinas Pendidikan Sumatera Barat," kata Kepala Komnas HAM Sumatera Barat, Sultanul Arifin saat diwawancarai KLIKPOSITIF .com, Sabtu 23 Januari 2021.

baca juga: Bupati Terpilih Pasbar Gunakan Mobil Dinas Mantan Bupati Periode 2010-2015, Alasannya Patut Dicontoh

Ia mengatakan bahwa pihaknya nanti akan bertemu dan membahas terkait aturan sekolah yang ada di Sumatera Barat secara keseluruhan.

"Jika nanti ada dalam aturan sekolah yang bertentangan dengan Hak seseorang, maka kami akan menyarankan untuk menggantinya," lanjutnya.

baca juga: Tokoh Adat Tanah Datar Doakan Bupati dan Wabup Kompak Mengemban Amanah

Sebelumnya, Ombudsman perwakilan Sumatera Barat memanggil Kepala Sekolah SMKN 2 Padang itu untuk memaparkan terkait informasi yang viral di media sosial tersebut.

Postingan dari akun facebook Elianu Hia menyatakan bahwa pihak SMKN 2 Padang memaksa anaknya untuk menggunakan jilbab.

baca juga: Sore Ini Seratusan Titik Panas Terpantau di Sumatera, Terbanyak di Riau

Dalam postingan tersebut, ia mengupload foto surat yang menyatakan pernyataan tidak bersedia menggunakan kerudung atau jilbab.

Hingga berita ini diturunkan, yang memposting surat tersebut tidak ingin untuk dikonfirmasi dan telah dihubungi melalui messangger facebook.

baca juga: Disapu Angin Kencang, Atap Rumah di Batang Arau Padang Ini Beterbangan

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri