Masih Ada Daerah "Blank Spot" di Agam, Ini Kata Diskominfo

Ilustrasi siswa belajar daring
Ilustrasi siswa belajar daring (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF - Sejumlah wilayah di Kabupaten Agam ternyata masih ada tanpa sinyal telekomunikasi atau blank spot di 2021 ini.

Wilayah tersebut tak memiliki sinyal seluler, apalagi sinyal internet sehingga warga tentu cukup sulit memanfaatkan akses komunikasi.

baca juga: Jadi Rujukan Pelaksanaan Pilwana E-Voting, Agam Dikunjungi Pemkab Deli Serdang

Kepala Dinas Kominfo Agam Fauzan Hutasuhut mengatakan, wilayah blank spot berada di Kecamatan Palupuah, Palembayan, Malalak dan Ampek Nagari.

"Untuk menghilangkan daerah blank spot, kita harus kerjasama dengan provider penyedia sinyal telekomunikasi, kita hanya bisa mengusulkan," sebutnya Minggu 24 Januari 2021 dilansir KATASUMBAR.

baca juga: Jika Agam Mekar, Ini Nama Kabupaten yang Diusulkan

Fauzan menyebut, pihaknya sudah mengusulkan ke Kominfo Pusat agar mendapat program memberantas daerah blank spot.

"Sistemnya, nanti pemerintah membangun menara dan menempatkan perangkatnya di sana," ungkap Fauzan.

baca juga: BKSDA Resort Agam Pasang Spanduk Peringatan di Lokasi Kemunculan Buaya

Belum diketahui, kapan wilayah yang masuk dalam blank spot ini akan terbebas, kendati demikian Fauzan berharap program ini segera terealisasi.

"Yang sudah terealisasi baru di puskemas, kita kan ada 7 puskesmas yang tak punya jaringan, 2020 silam sudah terealisasi sebanyak 4 puskesmas oleh Kominfo," pungkas Fauzan.

baca juga: Banyak Nagari Sepakat Untuk Pemekaran Kabupaten Agam

Pantauan KLIKPOSITIF , daerah blank spot ini berada di kawasan nagari-nagari yang topografi berbukit dan sulit dijangkau.

Sebelumnya, salah satu wilayah blank spot yakni Nagari Pasia Laweh sempat viral setelah siswa di kawasan itu terpaksa pergi cukup jauh untuk mendapatkan sinyal internet dalam hal belajar daring.

Editor: Hatta Rizal