Warga Ini Tak Ikut Swab Tapi Dinyatakan Positif Covid-19, Kok Bisa?

Atat Maryati yang tidak melakukan swab tetapi hasil labolatorium keluar positif Covid-19.
Atat Maryati yang tidak melakukan swab tetapi hasil labolatorium keluar positif Covid-19. (Ayotasik.com)

KLIKPOSITIF - Atat Maryati (56), warga kampung Bolodog, Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat , mengaku bingung dinyatakan positif Covid-19.

Padahal Maryati mengaku tidak pernah melakukan pemeriksaan swab PCR. Namun keluar hasil pemeriksaan positif Covid-19 dari Laboratorium Klinik dari RSUD.

baca juga: Moge Terobos Ring I Istana Kepresidenan, Asisten Intelijen Paspampres Sebut Itu Sudah Merupakan Ancaman

Atas kejadian itu, salah satu menantu Atat, Dani (35) mengatakan, pihak keluarga merasa keberatan. Bahkan, atas kekecewaan itu, ia memposting hasil pemeriksaan swab mertuanya ke media sosial Facebook.

"Mertua saya kebetulan Kamis kemarin itu tidak ikut swab karena berhalangan pergi ke sawah. Kalau saya sama bibi saya, iya ikut di swab dijemput sama mobil desa ke Puskesmas Leuwisari," ungkap Dani seperti dikutip dai ayobandung.com, Senin (25/1/2021).

baca juga: Kasus COVID-19 di Tanah Datar Sudah Capai Seribuan, Bupati Eka dan Wabup Richi Fokuskan Hal Ini

Ketika hasil swab keluar dari hasil Laboratorium Klinik RSUD SMC, terang Dani, hasil pemeriksaan swab untuknya dan bibinya negatif. Sementara yang membingungkan, mertuanya yakni Atat yang tidak ikut swab justru hasilnya positif.

Menurut Dani, sebelum pelaksanaan swab , keluarga menyampaikan ke kepala desa Linggawangi bahwa Atat tidak bisa hadir untuk di-swab karena pergi ke sawah.

baca juga: Komite Etika Berinternet, Komite Baru Bentukan Kominfo

"Namun, untuk nama saya, bibi sama mertua sudah ada datanya di sana puskesmas melalui desa untuk di-swab," terang Dani.

Dani merasa aneh, karena nama mertuanya Atat masih tercatat di dalam data warga yang akan mengikuti swab pada saat itu. Sementara mertuanya tidak hadir karena pergi ke sawah.

baca juga: Presiden dan Gubernur NTT Dilaporkan ke Bareskrim Polri Terkait Pelanggaran Protokol Kesehatan

"Pas saya lihat kok ada nama mertua saya masih tercatat, sedangkan mertua saya tidak hadir untuk di swab . Akhirnya surat hasil swab mertua saya keluar dan sampai diketahui positif Covid-19 oleh orang di kampung, sementara di-swab belum, bisa dibilang pencemaran nama baik," kata Dani.

Sumber: ayobandung.com/Suara.com

Editor: Eko Fajri