Ingin Kulit Halus dan Bebas Keriput? Hindari 9 Makanan Ini!

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Beberapa makanan diyakini dapat menjaga kulit Anda tetap kenyal, halus, dan bebas keriput dalam waktu yang lama. Biasanya, makanan ini terdiri dari buah dan aneka sayuran, yang diyakini mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat menunda proses penuaan. Tapi jangan salah, karena tidak semua sayur dan buah seperti itu. Beberapa yang kita anggap sehat, ternyata malah harus dihindari karena dapat mempercepat datangnya keriput.

Ya, beberapa kandungan di dalam makanan , seperti gula, natrium, dan sulfat dalam jumlah besar, bisa berdampak negatif pada tubuh kita dengan membuatnya dehidrasi dan melemahkan kolagen kulit . Dilansir dari Bright Side, ini dia 9 makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda ingin menjaga kulit halus dan bebas keriput.

baca juga: Ini Manfaat Kopi Bagi Penderita Prediabetes dan Diabetes

1. Smoothie buah

Meski tampaknya menyehatkan, karena terbuat dari buah, smoothie buah tinggi gula! Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat melemahkan produksi kolagen yang penting untuk melindungi kulit dan menjaganya tetap elastis dan awet muda.

baca juga: Penelitian Ungkap Makan Cokelat Beri Sensasi Seperti Saat Berhubungan Seksual

2. Minuman energi

Meskipun minuman ini mungkin akan sangat membantu ketika Anda membutuhkan tambahan energi, minuman ini sebenarnya dapat merusak kulit . Selain penuh dengan gula, minuman energi juga mengandung kafein yang tinggi, yang keduanya buruk untuk kulit Anda.

baca juga: Cobain Resep Perkedel Kentang ala KFC, Lembut dan Anti Pecah

Jumlah gula yang tinggi dapat memengaruhi produksi kolagen, sedangkan kafein akan membuat kulit Anda dehidrasi. Ini membuat kulit rentan mengalami kekeringan dan mempercepat timbulnya keriput.

3. Makanan yang digoreng

baca juga: Empat Jus Buah Ini Ternyata Bagus Buat Kulit, Apa Saja Itu?

Tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh, makanan yang digoreng juga membuat Anda terlihat lebih tua. Ini karena makanan yang telah digoreng dapat meningkatkan senyawa inflamasi di dalam tubuh, yang artinya senyawa ini dapat mengiritasi tubuh dan membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan eksternal akibat sinar matahari, yang dapat memicu keriput.

4. Minyak sayur

Mengurangi jumlah minyak nabati yang kita gunakan dapat membantu kesehatan kulit . Minyak sayur mengandung lemak trans yang dapat memicu peradangan, sehingga membuat kulit lebih lemah terhadap paparan sinar matahari. Akibatnya, kulit mudah berkeriput dan mengalami flek kehitaman karena kulit tidak dapat melindungi dirinya sendiri dengan baik.

5. Buah kering

Buah kering sering dijadikan camilan ataupun campuran di dalam kue, sereal, atau yogurt. Tapi, siapa sangka camilan yang disangka sehat ini ternyata bisa membuat kulit tampak lebih tua karena mengandung sulfat. Sulfat berfungsi sebagai pengawet pada buah, sekaligus juga meningkatkan tingkat radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas ini merusak sel, DNA, dan protein kita, yang menyebabkan penuaan dini.

6. Rice crackers

Rice crackers sering dianggap sebagai camilan sehat. Padahal, kerupuk yang terbuat dari beras ini memiliki indeks glikemik yang tinggi. Ini artinya, makanan ini dipecah oleh tubuh kita seperti halnya gula. Memiliki terlalu banyak gula dalam tubuh dapat mengurangi produksi kolagen dan mempercepat tanda-tanda penuaan.

7. Margarin

Margarin sering dianggap lebih sehat daripada mentega, karena margarin mengandung lebih banyak lemak tak jenuh ganda yang dianggap lebih sehat dan memiliki manfaat untuk jantung. Tapi sayangnya, proses pembuatan margarin yang mengalami proses pemadatan membuatnya tinggi kandungan lemak trans. Jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan kronis lainnya, termasuk kesehatan kulit .

8. Pasta

Karbohidrat olahan seperti pasta, nasi putih, dan roti bukanlah sahabat baik kolagen di dalam kulit . Hal ini karena karbohidrat olahan tersebut berpengaruh besar pada kadar gula di dalam tubuh Anda. Ini berarti, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan, dapat membuat kulit Anda terasa kurang kenyal dan elastis, serta lebih kusam dan keriput.

9. Yogurt berperisa

Tentu saja tak ada yang bisa mengalahkan manfaat kesehatan dari plain yogurt. Sedangkan yogurt dengan perisa, mengandung banyak sekali gula di dalamnya. Gula ini akan menangkap dan memecah asam amino dalam kolagen dan elastin. Kerusakan ini bisa menyebabkan kulit terlihat keriput dan kendur seiring bertambahnya usia sebelum waktunya.

Editor: Eko Fajri