Buruan Daftar! Politeknik Negeri Padang Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SNMPN dan SNMPTN

Sosialisasi SNMPN dan informasi penerimaan mahasiswa baru yang digelar secara virtual di Politeknik Negeri Padang
Sosialisasi SNMPN dan informasi penerimaan mahasiswa baru yang digelar secara virtual di Politeknik Negeri Padang (riki)

PADANG, KLIKPOSITIF - Politeknik Negeri Padang ( PNP ) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) untuk prodi D-III dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk Sarjana Terapan (D-IV).

Wakil Direktur I PNP Revalin Herdianto mengatakan, untuk penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPN, dilaksanakan bersama dengan 44 Politeknik Negeri di seluruh Indonesia dan pendaftaran calon mahasiswa dilakukan secara online melalui website https://snmpn.politeknik.or.id

baca juga: Surfa Yondri Dinobatkan Jadi Tokoh Keterbukaan Informasi Publik, PNP Jawaranya untuk Kategori PTN dan PTS

"Untuk pendaftarannya, dibuka mulai 11 Januari sampai 19 maret 2021. Sedangkan pengumuman hasil kelulusan, dilakukan pada 6 April 2021," kata Revalin saat sosialisasi SNMPN dan Informasi Penerimaan Mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022, Senin (25/1/2021).

Kemudian untuk jalur SNMPTN, kata Revalin melanjutkan, pendaftarannya dibuka tanggal 15-24 Februari 2021. Penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN ini, juga dilakukan secara online melalui website https://portal.limpt.ac.id dan penerimaannya dilaksakana bersama dengan Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia.

baca juga: PNP Teken Kerjasama Program D-II Fast Track dengan SMK dan Industri

"Untuk jalur SNMPTN ini, calon mahasiswa tidak hanya bisa memilih program studi di politeknik, tapi juga bisa memilih program studi di Perguruan Tinggi Negeri dan Institut yang ada di Indonesia," ujarnya.

Selain mensosialisasikan SNMPN dan SNMPTN, pada sosialisasi yang digelar secara virtual dan dihadiri oleh seluruh kepala sekolah SMA/SMK/MA di Sumatera Barat itu, Revalin juga membeberkan jalur penerimaan mahasiswa lainnya di PNP .

baca juga: Perangkat Scanner Panas Buatan PNP Diuji saat Wisuda Virtual ke-58

Kata dia, ada tujuh jalur penerimaan mahasiswa baru di PNP . Selain SNMPN dan SNMPTN, jalur lainnya adalah melalui Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) yang digelar bersama 44 Politeknik Negeri se-Indonesia. Pendaftaran SBMPN ini juga digelar online pada 10 Mei-10 Juni 2021.

Kemudian, melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang pendaftarannya dibuka pada 12 Maret - 1 April 2021. Melalaui Ujian Masuk Politeknik kelas kerjasama dengan PT Trakindo Utama, dan pendaftyarannya dibuka mulai 8 April-31 Mei 2021.

baca juga: Green Technology Jadi Isu Menarik iCAST 2020 yang Gelar PNP di Tengah Pandemi

Selanjutnya, penerimaan mahasiswa baru Management & Sciense University (MSU) Malaysia yang dibuka pada 19 Mei-15 Juli 2021. Program MSU ini hanya untuk Program Studi Manajemen Informatika yang pelaksanaan kuliahnya, tiga tahun di PNP dan 2 tahun di MSU Malaysia. "Lulusan program ini langsung menyandang gelar master," tuturnya.

Terakhir, kata Revalin, yaitu melalui Seleksi Mandiri program D-III dan D-IV masuk PNP . Pendaftaran seleksi mandiri ini dibuka pada 15 Juni-28 Juli 2021 dan pendaftarannya juga dilaksanakan secara online di website https://pmb.pnc.ac.id.

Dari semua seleksi penerimaan mahasiswa baru ini, kata Revalin melanjutkan, PNP sendiri akan menerima sekitar 1700 mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022. Rinciannya, 30 persen mahasiswa baru berasal dari seleksi SNMPN dan 30 persen SNMPTN.

"Kemudian sisanya, berasal dari penerimaan jalur SBMPN, SBMPTN, kelas kerjasama dengan PT Trakindo Utama, MSU International Progression Program dan seleksi mandiri," bebernya.

Direktur PNP Surfa Yondri pada kesempatan itu, juga membeberkan tentang beasiswa yang ada di PNP . Kata orang nomor satu di PNP itu, lebih dari 50 persen mahasiswa PNP mendapatkan beasiswa dari berbagai program.

Di antaranya, beasiswa Bidik Misi/KIP-K, beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), beasiswa dari Lazis PNP , beasiswa Afirmasi Adik, beasiswa dari Swasta/BUMN dan Pemda, serta beasiswa dari KJMU/Pemprov DKI.

"Untuk penerima beasiswa Bidik Misi/KIP-K di PNP , dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Bahkan untuk tahun 2020, kuota Bidik Misi di PNP mencapai 853 penerima. Jadi saat ini, total mahasiswa PNP yang menerima program Bidik Misi berjumlah sekitar 2900 orang mahasiswa," katanya.

Surfa Yondri juga membeberkan prestasi yang diraih PNP . Untuk program Bidik Misi, PNP merupakan Perguruan Tinggi Negeri Terbaik I Pengelola Bidik Misi tahun 2018 dan juga sebagai peringkat ketiga Satker Beprestasi tahun 2019.

" PNP juga berada sebagai peringkat 10 Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia tahun 2019 dan sebagai Harapan 2 Pengelola Aset Terbaik pada tahun 2018," ujarnya.

Untuk sarana dan prasarana, tambah Surfa Yondri, PNP memiliki kampus dengan konsep green campus, gedung PKM lobi utama, laboratorium, parkir khusus disabilitas dan juga taman kampus.

Untuk Visi, PNP sendiri pada tahun 2025 menjadi Institusi Pendidikan Vokasi terbaik di Asia Tenggara, bermartabat dan berwawasan internasional dengan mengimplementasikan budaya mutu yang terdiri dari berakhlak mulia, berpikir akademis dan bertindak profesional.

"Di PNP , terdapat 297 orang dosen dengan rincian, sebanyak 26 orang lulusan S3 dan 271 orang lulusan S2. Jumlah mahasiswa PNP , mencapai 4.355 orang. Mereka tersebar di 7 jurusan yang terdiri dari 21 program studi D-III dan D-IV," pungkasnya.(*)

Editor: Riki