DPRD Solsel Usulkan Pelantikan Khairunas Yulian Efi ke Mendagri

Wakil Ketua DPRD Solsel Armen Syahjohan Menandatangani Usulan Pelantikan Bupati terpilih disaksikan Ketua DPRD Zigo Rolanda, Sekda Doni Rahmat Samulo, dan Sekwan Mardiana
Wakil Ketua DPRD Solsel Armen Syahjohan Menandatangani Usulan Pelantikan Bupati terpilih disaksikan Ketua DPRD Zigo Rolanda, Sekda Doni Rahmat Samulo, dan Sekwan Mardiana (Kaka)

SOLSEL, KLIKPOSITIF - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) - Sumbar menggelar rapat Paripurna usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan periode 2016-2021 dan pengumuman usulan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Solsel terpilih periode 2021-2026.

"Usulan ini disampaikan kepada Menteri dalam Negeri melalui Gubernur Sumatera Barat," ujar Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda di Padang Aro, Senin (25/1/2021).

Dia menjelaskan Sebelumnya, pada minggu (24/1) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan telah menetapkan Pasangan Khairunnas-Yulian Efi sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

"Kami punya waktu tiga hari setelah penetapan KPU untuk mengusulkan pelantikan Bupati dan wakil Bupati terpilih ini," katanya.

Dia menambahkan sesuai pasal 23 huruf e peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Kabupaten mempunyai tugas dan wewenang mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati kepada Menteri dalam negeri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan pengesahan pelantikan dan pemberhentian.

Ia melanjutkan pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih diusulkan tanggal 22 Maret 2021, bertepatan dengan berakhirnya masa bakti Bupati periode 2016-2021.

"Dulu, Gubernur melantik Bupati (lama) pada tanggal 22 Maret 2016 dan masa baktinya akan berakhir pada 22 Maret 2021," tuturnya.

Sekretaris DPRD Solok Selatan Mardiana menambahkan surat usulan pemberhentian dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan akan disampaikan kepada Gubernur pada Selasa 26 Januari 2021 besok.

"Besok surat usulan langsung kita sampaikan ke Provinsi, kita hanya mengusulkan, kalau Pelantikan Bupati terpilih dilakukan oleh Gubernur, kemungkinan di ibukota Provinsi," katanya.

Baca Juga

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi

Komentar

Berita Lainnya

Video Terbaru