Ini Hasil Pertemuan Kadisdik Padang, Ombudsman dan Komnas HAM Terkait Aturan di Sekolah

Kadisdik SUmatera Barat, Adib Alfikri
Kadisdik SUmatera Barat, Adib Alfikri (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Setelah melakukan pertemuan dengan Ombudsman perwakilan Sumatera Barat dan Komini Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Senin 25 Januari 2021, Dinas Pendidikan Sumatera Barat akan menyurati seluruh sekolah untuk melakukan revisi terhadap aturan yang berlaku.

"Kami kemarin sudah melakukan pertemuan dengan Ombudsman dan Komnas HAM, hasilnya kami akan menyurati seluruh sekolah untuk melihat kembali aturan yang telah dibuat," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri.

baca juga: Kerumunan Sambut Presiden di Maumere, Satgas PD IDI: Wajar Jika Masyarat Mempermasalahkan

Ia mengatakan bahwa tidak hanya aturan berpakaian saja, tetapi juga aturan lainnya yang dikhawatirkan akan menimbulkan masalah kedepannya.

"Untuk melihat dan merevisi aturan tersebut, ada waktunya nanti kita berikan kepada sekolah-sekolah yang ada di Sumatera Barat ini," lanjutnya.

baca juga: Kerumunan Massa di Maumere, Presiden Jokowi Akan Dilaporkan ke Polisi Hari Ini

Menurutnya, dalam pertemuan tersebut pihaknya berfokus pada pembahasan pelayanan yang akan diperbaiki kedepannya.

"Di awal Februari nanti kami akan bertemu lagi untuk melihat bagaimana progres dari aturan-aturan yang diterapkan di setiap sekolah yang kami surati," tutupnya.

baca juga: Kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Puluhan Warga Binaan Lapas Payakumbuh Ikuti Program Pendidikan Paket A, B, dan C

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Sumatera Barat dipanggil oleh Ombudsman perwakilan Sumatera Barat untuk menjelaskan permasalahan dugaan pemaksaan menggunakan jilbab di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang.

Diketahui, permasalahan tersebut sempat viral di jagad dunia maya sejak Kamis 21 Januari 2021 setelah seorang orang tua siswa mengunggah video yang isinya diduga mengandung pemaksaan terhadap siswi SMKN 2 Padang menggunakan jilbab.

baca juga: Pemerintah Terapkan Strategi Hilir-Hulu Digitalisasi Indonesia

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri