Antisipasi Bencana di Musim Hujan, DLH Payakumbuh Pangkas Pohon Pelindung

Pemangkasan pohon yang dilaksanakan DLH Kota Payakumbuh.
Pemangkasan pohon yang dilaksanakan DLH Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Selama Januari 2021, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh terus melakukan pemangkasan terhadap pohon pelindung untuk mengantisipasi bencana yang mungkin timbul akibat terpaan angin selama musim hujan.

Kepala DLH Kota Payakumbuh , Dafrul Pasi mengatakan musim penghujan memang identik dengan banjir dan pohon tumbang. Karena itu, pihaknya melakukan pemangkasan pohon-pohon yang ada. Namun, tidak semua pohon langsung dipangkas begitu saja.

baca juga: Pemko Payakumbuh Kelola Kabel Fiber Optik Secara Swadaya, Ini Keuntungannya

"Sebab pohon yang tumbang biasanya yang sudah berumur tua atau pohon yang tampak kuat ternyata dalamnya sudah keropos. Contohnya saja pohon di sekitar jalan Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan yang kemarin baru dipangkas, Pohon tersebut rantingnya rapuh dikhawatirkan dapat menimpa kendaraan yang berlalu lalang. Maka itu yang kita pangkas atau potong," kata Dafrul Pasi, Rabu (27/1).

Di wilayah Kota Payakumbuh terdapat ribuan batang pohon yang berada di tepi jalan. Selain sebagai peneduh, pohon-pohon ini juga berfungsi sebagai paru-paru kota dan menyerap air. Namun keberadaan pohon yang rata-rata usianya sudah tua ini mengkawatirkan, sebab sewaktu-waktu dapat roboh.

baca juga: BNNK Payakumbuh Gandeng Wartawan untuk Sosialisasikan P4GN

Dikatakan Dafrul, Setiap Desember tiba laporan masyarakat dan masukan terkait pohon yang berpotensi roboh memang meningkat. Akan tetapi, tidak semua laporan dan masukan ditanggapi dengan pemotongan atau pemangkasan.

Pemeliharaan pohon besar yang bisa dilakukan adalah melakukan pemangkasan cabang atau ranting yang mengganggu. Pemotongan atau penebangan baru akan dilakukan jika roboh atau ada pengaduan masyarakat. Dari pengaduan ini pun tidak semua keinginan masyarakat dipenuhi, tapi dilakukan pemilahan sesuai prioritas.

baca juga: Ratusan Personel Kepolisian di Polres 50 Kota Ikuti Vaksinasi

"Keberadaan pohon sangat penting tapi kita upayakan agar tidak mengganggu. Secara bertahap kami lakukan pemangkasan, tapi tidak harus selalu memotong. Sebab untuk menumbuhkan pohon yang sedemikian besar tentu butuh waktu puluhan tahun," pungkasnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat