Sore Tadi, Gempa di Lampung dan Sulteng Terjadi Pada Jam yang Bersamaan

Peta guncangan gempa Sulteng dan gempa Lampung hari ini
Peta guncangan gempa Sulteng dan gempa Lampung hari ini (BMKG)
KLIKPOSITIF

- Dua kejadian gempa bumi terjadi pada jam bersamaan pada sore tadi, Rabu 27 Januari 2021. Kedua kejadian gempa ini sama-sama terjadi pada pukul 17.40 WIB, yakni gempa di Lampung dan gempa di Sulteng (Sulawesi Tengah).

Tak hanya terjadi pada jam yang sama, namun kedalaman gempa pada dua kejadian ini juga sama, yakni sama-sama terjadi di kedalaman 10 kilometer.

baca juga: BNPB Prioritaskan Evakuasi Korban Gempa Karangasem dan Bangli

Selain itu, guncangan gempa juga sama-sama dirasakan warga dengan skala intensitas II hingga III MMI (Modified Mercalli Intensity). Untuk gempa Sulteng, getaran gempa dirasakan di Morowali dengan skala II hingga III MMI.

Sementara gempa Lampung hari ini, dirasakan warga di Liwa, Bengkulu Selatan, Tanggamus, Krui, Sekincau dan Lampung Barat dengan skala III MMI. Warga di Way Kanan juga merasakan guncangan gempa skala II MMI.

baca juga: Ini Yang Harus Dilakukan dan Tidak Boleh Dilakukan Jika Terjadi Gempa dan Tsunami

Meski banyak kesamaan, namun Gempa Lampung bermagnitudo lebih besar dari gempa Sulteng. Gempa Lampung bermagnitudo 5,4 sedangkan gempa Sulteng bermagnitudo 3,9.

Dari data BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), untuk gempa Lampung hari ini terjadi di laut wilayah 20 kilometer Barat Laut Pesisir Barat Lampung. Gempa Lampung ini terjadi di lokasi 5.13 LS 103.76 BT.

baca juga: Rawan Gempa dan Tsunami, Kogami: Baru Segelintir Masyarakat di Sumbar yang Terapkan Rencana Antisipasi Bencana Alam

Sementara untuk Gempa Sulteng, terjadi di darat wilayah 7 kilometer Timur Laut Morowali Sulteng. Gempa Sulteng ini terjadi di lokasi2.75 LS 121.89 BT.

Hingga pukul 20.00 WIB, tidak ada laporan adanya kerusakan akibat dua kejadian gempa tersebut.

baca juga: Pacu Ekonomi Daerah, Menteri ESDM Resmikan 17 Titik BBM Satu Harga

Editor: Haswandi