2600 Vaksin Sinovac Tiba di Agam

Vaksin Sinovac
Vaksin Sinovac (Dinkes Agam)

AGAM , KLIKPOSITIF - Kabupaten Agam menerima sebanyak 2600 vaksin sinovac buatan Tiongkok.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dari Dinas Kesehatan Agam , Tri Pipo mengatakan, vaksin datang kemarin, Rabu 27 Januari 2021.

baca juga: Jika Agam Mekar, Ini Nama Kabupaten yang Diusulkan

"Vaksin datang sebanyak 2600an, sementara kita simpan di Dinkes hingga Senin depan," ungkap Tri Pipo dilansir dari KATASUMBAR.

Selanjutnya, vaksin bakal didistribusikan ke rumah sakit dan tiap puskemas, untuk penyuntikan ke tenaga kesehatan di Agam .

baca juga: BKSDA Resort Agam Pasang Spanduk Peringatan di Lokasi Kemunculan Buaya

"Kita sudah siapkan sebanyak 125 petugas vaksin, tiap puskesmas ada 5, sedangkan di rumah sakit ada 10 petugas," sambungnya.

Vaksin yang berjumlah 2600 itu diperuntukkan bagi 1300 peserta vaksin. Mereka akan mendapat 2 kali suntikan dalam jangka 14 hari setelah suntikan pertama.

baca juga: Banyak Nagari Sepakat Untuk Pemekaran Kabupaten Agam

Penyuntikan akan berlangsung awal Februari mendatang dan ditargetkan selesai pula di bulan itu.

Sebelum vaksinasi, sebut Pipo, pihaknya bakal memastikan kesehatan peserta vaksin sehingga program ini berlangsung aman.

baca juga: 10 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Tiba di Indonesia

"Sesaat sebelum vaksinasi, akan ada pemeriksaan oleh dokter terkait kesehatan peserta vaksin. Kita harap semuanya berjalan lancar," pungkasnya.

Menurut data gugus tugas Covid-19 Provinsi Sumbar, Kabupaten Agam hingga hari mengkonfirmasi total kasus sebanyak 1.808.

Rinciannya, 1.590 pasien sembuh, 32 meninggal dunia dan sisanya masih menjalani perawatan.

Editor: Hatta Rizal