Dijaga Ketat, 2.520 Vaksin Jenis Sinovac Sampai di Lima Puluh Kota

Dijaga Ketat, 2.520 Vaksin COVID-19 jenis Sinovac dampai di Lima Puluh Kota
Dijaga Ketat, 2.520 Vaksin COVID-19 jenis Sinovac dampai di Lima Puluh Kota (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Sebanyak 2.520 dosis vaksin Sinovac telah sampai di Kabupaten Lima Puluh Kota - Sumbar, Rabu 27 Januari 2021 kemarin. Ribuan vaksin ini dijemput oleh tim Dinas Kesehatan, personil Polres 50 Kota dan personil Yon A Sat Brimob Polda Sumbar.

Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso mengatakan kegiatan penjemputan dilaksanakan menggunakan 7 unit kendaraan yang terdiri dari satu unit kendaraan Patroli Sat Lantas Polres Lima Puluh Kota yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Sat Lantas IPDA Elmondri, satu unit mobil ambulance, dan satu unit mobil gudang farmasi. Kemudian juga diikuti oleh beberapa mobil yang ditumpangi oleh petugas dinas kesehatan dan satuan petugas dari Polres Lima Puluh Kota .

baca juga: Pemprov Sumbar Bekerjasama dengan PT Semen Padang untuk Percepatan Vaksinasi Lansia

"Sekira pukul 12.00 WIB rombongan sampai di Dinas Instalasi Farmasi Provinsi Sumbar di Kota Padang. Kemudian dilaksanakan pengisian buku tamu oleh pihak Kepala Gudang Instalasi Farmasi Kab. Lima Puluh Kota dan menunggu giliran pendistribusian," kata Kapolres Lima Puluh Kota lewat siaran persnya, Kamis 28 Januari 2021.

Kemudian dijelaskannya Staf Gudang Instalasi Lima Puluh Kota M. Nasir beserta Staf Seksi Farmasi Dinkes Provinsi Sumbar dan Staf BPOM Kota Padang masuk ke ruang penyimpanan Vaksin COVID-19 jenis Sinovac untuk melakukan pengemasan. Vaksin COVID-19 jenis Sinovac ini dimasukkan ke dalam Cold Box sebanyak 2 buah dengan jumlah 2.520 dosis yang terbagi ke dalam 63 kotak dimana 1 kotak berisikan 40/vial.

baca juga: Target Vaksinasi Kepulauan Mentawai Belum Sentuh 50 Persen

"Pada pukul 13.12 WIB dilakukan penyerahan vaksin ini sebanyak 2 buah box dengan rincian per boxnya berisikan 33 kotak dan 30 kotak dengan jumlah keseluruhan sebanyak 63 kotak dengan total jumlah vaksin 2.520 vial. Menurut rencana awal, Cold Box pembawa vaksin diletakan di mobil Ambulance Dinkes Lima Puluh Kota tapi ternyata mengalami korsleting listrik pada sekring AC nya sehingga pihak Kepala Gudang Instalasi Farmasi Lima Puluh Kota Anton mengambil kebijakan bahwa Cold Box sebanyak 2 buah tersebut diletakkan di kendaraan pengawal depan Sat Lantas Polres 50 Kota yang diletakkan di bangku belakang karena AC dari kendaraan tersebut dinilai mencukupi persyaratan sebagai suhu penyimpanan vaksin ," ujarnya.

Lebih lanjut, Kapolres Lima Puluh Kota menambahkan bahwa pada pukul 16.00 WIB rombongan sampai di Gudang Instalasi Farmasi Lima Puluh Kota dan dilanjutkan dengan penghitungan serta pemindahan vaksin dari Cold Box sebanyak 2 buah ke 1 buah Coldchain. Penghitungan ini dijelaskannya langsung disaksikan seluruh petugas dari Polres Lima Puluh Kota serta pihak Dinas Kesehatan Lima Puluh Kota .

baca juga: Kisah UM Sumatera Barat yang Raih Klik Award Karena Sukses Membangun Kampung Sarugo

"Selanjutnya pengamanan vaksin diserahkan kepada personil Polres Lima Puluh Kota yang telah dibuatkan surat perintah tugas dalam pengamanan gudang vaksin . Selama pengawalan dan pengamanan vaksin dilakukan dalam keadaan aman dan kondusif serta tetap menggunakan protokol kesehatan COVID-19," katanya didampingi Kabagops Polres Lima Puluh Kota Rudi Munanda.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi