Wujudkan Lingkungan Bersih dan Nyaman, Lapas Pariaman Lakukan Perbaikan Menyeluruh

Lapas Pariaman tampak depan
Lapas Pariaman tampak depan (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Lapas Klas ll B Pariaman bersolek dengan cara memperbaiki infrastruktur demi mewujudkan lingkungan Lapas yang bersih dan nyaman.

Kepala Lapas Klas ll B Pariaman , Eddy Junaedi mengatakan sampai hari ini, sedikitnya 5 kegiatan perbaikan sedang berjalan di Lapas tersebut.

baca juga: Sikapi Sengketa Pertanahan Antara Masyarakat dengan Perusahaan, Ini Langkah Bupati Pasbar

"Kita sedang mengupayakan perbaikan secara menyeluruh di Lapas ini. Terutama perbaikan bangunan fasilitas umum dan narapidana," ungkap Eddy Junaedi, Kalapas yang mengawali kariernya sebagai Staf di Lapas Martapura-Kalimantan Selatan, Kamis 28 Januari 2021.

Lebih lanjut, pria yang pernah menjabat sebagai Kasubsi Rutan Pelaihari-Kalimantan Selatan mengatakan, perbaikan yang sedang berlangsung di antaranya perbaikan dapur, toilet, dan septictang.

baca juga: Terkait Pembangunan Jalan Tol, Hutama Karya: Kami Kerjakan Pembangunan Proyek Tol Padang-Sicincin Sesuai Arahan Regulator

"Untuk tampilan kita juga memperbaiki taman Lapas serta mengecat seluruh dinding lapas ," sebutnya.

Kalapas Pariaman yang pernah menjabat sebagai Karutan di Wonosari-Yogyakarta itu juga menjelaskan, anggaran perbaikan infrastruktur tersebut diambil dari dana pemeliharaan yang jumlahnya mencapai seratus juta lebih.

baca juga: Ingin Wujudkan Pessel Damai, Masyarakat Teken Petisi Ini

"Uang pemeliharaan infrastruktur Lapas ada senilai Rp144 juta. Dengan anggrana tersebut kita lakukan perbaikan untuk Lapas ," sebut dia.

Untuk diketahui juga, jumlah seluruh penghuni Lapas atau narapidana sebanyak 567 orang yang terdiri dari pria sebanyak 552 orang dan perempuan sebanyak 15 orang.

baca juga: Adik Kakak Tenggelam Setelah Terseret Ombak Sejak Kemarin di Pessel, Ini Kata BPBD

"Mudah-mudahan perbaikan infrastruktur ini berdampak positif, mengantarkan Lapas Pariaman sebagai Lapas yang indah dipandang mata baik dari luar maupun dalam. Perbaikan ini semata-mata untuk memberikan kesan positif bagi masyarakat dan narapidana," ulas Eddy Junaedi yang pernah menjabat sebagai Kabid Kamtib Lapas Klas 1 Cipinang-Jakarta.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri