Program Smart Surau , Pemko Sediakan Akses Internet Di Masjid

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG PANJANG , KLIKPOSITIF -Implementasikan program Smart Surau , Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang - Sumbar menyediakan fasilitas akses internet di masjid. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kominfo, Ampera Salim, kehadiran akses internet bertujuan memudahkan masyarakat mengakses internet gratis.

"Menyediakan akses internet, sesuai tujuan awal kita, meringankan beban belanja akses internet untuk kebutuhan pembelajaran daring yang makin tinggi di masa pandemi," ungkap Ampera Salim, Kamis (28/1).

baca juga: Ada 2 TBM di Satu RT Untuk Kembangkan Potensi Anak di Padang Panjang

Di tengah tekanan situasional saat ini, lanjut Ampera Salim, proses pembelajaran tetap berjalan. Hanya saja, proses pendidikan berjalan secara online.

Proses pendidikan mulai dari TK hingga bangku perkuliahan dilakukan secara daring. Fakta tersebut menurut Ampera Salim cukup memberatkan masyarakat untuk mendapatkan akses internet.

baca juga: Wakili Padang Panjang, 150 Calon Kafilah MTQ Diseleksi

"Kita berharap dengan fasilitas internet gratis ini, dapat membantu masyarakat untuk akses internet dalam rangka kebutuhan sekolah anak," ujar Ampera Salim pada rapat koordinasi dengan pengurus masjid.

Lebih rinci, Ampera Salim menjelaskan, keberadaan internet juga sudah menjadi kebutuhan dasar saat ini, terutama sebagai media dalam proses pendidikan.

baca juga: Terus Terjadi Kemacetan, Pasar Sayur Terminal Bukit Surungan Padang Panjang Segera Dipagar

"Internet di masjid, salah satu media untuk mendekatkan hati anak-anak ke masjid. Kita berikan kesempatan mereka menggunakan internet. Dengan akses internet di lokasi publik, terlebih di lokasi ibadah ini, diharapkan akan membantu proses saling kontrol dan menjaga dari banyak pihak terhadap akses konten internet yang tidak baik oleh anak-anak. Nanti ketika waktu shalat tiba, akan lebih besar peluangnya mereka akan ikut shalat berjamaah," jelas Ampera.

Sementara itu, Ustadz Ade Sehabudin, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Padang Panjang yang juga mewakili pengurus MUI Kota Padang Panjang menyampaikan, masjid dalam nilai sejarah selalu menjadi tonggak kebangkitan. Itu berlaku sejak zaman Rasulullah hingga jaman pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia.

baca juga: Ternyata Ini yang Dilakukan 4 Pelajar SMA 2 Padang Panjang Sebelum Tersesat di Hutan Lembah Anai

"Memakmurkan masjid adalah tugas kita bersama. Namun tugas ini menjadi semakin berat di era globalisasi ini. Untuk itu, kita perlu jeli mencari cara untuk membiasakan anak kemenakan kita merasa betah berlama-lama berada di lingkungan masjid," ujarnya.

Penulis: Dirga Rahmat | Editor: Haswandi