3.680 Vaksin COVID-19 Khusus Nakes Tiba di Pasaman Barat

Suasana saat penurunan vaksin COVID-19 di ruang penyimpanan Farmasi Dinas Kesehatan Pasaman Barat
Suasana saat penurunan vaksin COVID-19 di ruang penyimpanan Farmasi Dinas Kesehatan Pasaman Barat (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Sebanyak 3.680 ampul vaksin COVID-19 tiba di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasaman Barat - Sumbar. Ribuan dosis vaksin Sinovac tersebut khusus untuk para tenaga kesehatan (nakes).

Vaksin COVID-19 yang diangkut sebuah mobil boks itu tiba di kantor Dinkes Kabupaten Pasaman Barat sekitar pukul 17.35 WIB. Mobil tersebut dikawal anggota Satuan Brimob Polda Sumbar dan Polres Pasaman Barat .

baca juga: Putus Mata Rantai Covid-19, Bupati Solsel: Satu Bulan Kedepan Vaksin Harus Tuntas

Ribuan vaksin dengan jenis Coronavac buatan China itu diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat Jon Hardi. Vaksin tersebut langsung disimpan di ruangan farmasi milik Dinkes dengan suhu 4 derajat celcius.

"Hari ini vaksin untuk Kabupaten Pasaman Barat sudah sampai, jumlahnya 3.680 vial (ampul)," sebut Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat , Jon Hardi kepada wartawan, Kamis (28/1/2021) sore.

baca juga: Dinkes Solsel Sebut Vaksin Diperlukan untuk Membentuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Covid-19

Jon Hardi menjelaskan selain dibantu ribuan vaksin COVID-19 untuk Kabupaten Pasaman Barat . Pihaknya juga dibantu dengan alat pelindung diri serta alat suntik lainnya.

Sedangkan untuk penjagaan vaksin dan tempat penyimpanan vaksin . Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Polres Pasaman Barat dan akan dijaga ketat selama 24 jam.

baca juga: Dua Pejabat Positif COVID-19, Aktivitas Disdikbud Pasaman Barat Ditutup Sementara

"Suhu penyimpanan kan antara 2 sampai 8 derajat celcius. Tadi kita cek, diruang penyimpanan kita berada pada suhu 4 derajat celcius dan akan diperiksa petugas 3 kali dalam sehari," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan untuk pencanangan penyuntikan vaksin tersebut direncanakan pada awal bulan mendatang tepatnya pada Selasa (2/2). Vaksin tersebut akan digunakan khusus nakes yang sudah terdaftar di Kemenkes.

baca juga: Perlancar Vaksinasi Gotong Royong, Pemerintah Tambahan Satu Juta Dosis Vaksin Sinopharm

"Ya, tahap I ini untuk nakes dan ditambah dengan 10 orang pejabat esensial. Namun intinya sebelum dilakukan penyuntikan kita akan rapatkan terlebih dahulu," ungkapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi