Ini 10 Daftar Pejabat Esensial di Pasbar yang Bakal Duluan Disuntik Vaksin COVID-19

Vaksin COVID-19 saat hendak dimasukkan ke ruang farmasi Dinas Kesehatan Pasaman Barat
Vaksin COVID-19 saat hendak dimasukkan ke ruang farmasi Dinas Kesehatan Pasaman Barat (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Sebanyak 3.680 vial (ampul) vaksin COVID-19 telah tiba di Kabupaten Pasaman Barat - Sumbar. Tahap I ini, selain khusus untuk para tenaga kesehatan (nakes) juga untuk 10 orang pejabat esensial di daerah itu.

"Ya, selain diperuntukkan untuk nakes. Ada 10 orang pejabat esensial di Pasaman Barat yang akan di vaksin terlebih dahulu," sebut Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat , Jon Hardi kepada wartawan, Kamis (28/1/2021) sore.

baca juga: Dua Pejabat Positif COVID-19, Aktivitas Disdikbud Pasaman Barat Ditutup Sementara

Menurutnya rencana untuk pencanangan penyuntikan vaksin ini direncanakan pada awal bulan mendatang tepatnya pada Selasa (2/2). Penyuntikan ini diawali dengan penyuntikan terhadap 10 pejabat esensial.

Diantaranya Bupati, Pimpinan DPRD, Kapolres, Kajari, Dandim, Ketua MUI, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Rumah Sakit Daerah dan Direktur Rumah Sakit Swasta.

baca juga: Perlancar Vaksinasi Gotong Royong, Pemerintah Tambahan Satu Juta Dosis Vaksin Sinopharm

Sedangkan untuk target penyelesaian penyuntikan vaksin terhadap para tenaga kesehatan di Pasaman Barat , pihaknya ditergetkan harus selesai pada bulan Februari.

"Penyuntikan terhadap nakes ini, kita ditargetkan pada bulan Februari 2021 harus selesai. Kemudian untuk tahap selanjutnya akan dilaksanakan pada bulan Maret dan April," terangnya.

baca juga: Pemerintah Targetkan Sejuta Vaksin Per Hari

Ia juga menjelaskan untuk tahap selanjutnya akan dilakukan penyuntikan terhadap pejabat publik, TNI, Polri dan petugas pelayanan publik lainnya. Saat ini pihaknya sedang menyusun data.

"Kita juga sudah menyusun data-data untuk tahap II. Namun untuk angka pastinya kita belum mendapatkan dari Disdukcapil. Segera, kita akan dapat angka pastinya dan kemungkinan dalam minggu ini," jelasnya.

baca juga: Bulan Besok, Pemerintah Targetkan 1 Juta Vaksinasi Per Hari

Jon Hardi juga mengungkapkan akan segera melakukan rapat dengan kepala puskesmas, rumah sakit dan pimpinan klinik di Pasaman Barat dalam rangka kesiapan penyuntikan vaksin .

"Besok kita akan melakukan rapat. Jadi, dalam penyuntikan ini setiap masing-masing puskesmas, rumah sakit dan klinik bertanggungjawab untuk melaksanakan penyuntikan terhadap pegawai," ungkapnya.

"Kita juga telah mengeluarkan surat keputusan terhadap tim yang akan melakukan penyuntikan ini. Semua telah kita siapkan, tinggal waktu pelaksanaan penyuntikan," sambungnya mengakhiri.

Untuk diketahui ribuan vaksin dengan jenis Coronavac buatan China ini telah tiba di kantor Dinkes Kabupaten Pasaman Barat sekitar pukul 17.35 WIB, Kamis (28/1/2021). Mobil tersebut dikawal anggota Satuan Brimob Polda Sumbar dan anggota Polres Pasaman Barat .

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi