Penetapan Pj Gubernur Sumbar Menunggu SK Mendagri, Kabiro Pemerintahan: Kami Diminta Siapkan Pj Bupati

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Iqbal Ramadi Payana
Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Iqbal Ramadi Payana (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Nasrul Abit resmi mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 12 Februari 2020 mendatang.

Namun KPU Sumbar belum bisa menentukan pengganti keduanya karena saat ini proses gugatan masih berlangsung di MK. Keputusan terakhir dapat diketahui tanggal 19 sampai dengan 24 Maret 2021.

baca juga: Jalan Kampus Unand Segera Diperbaiki, Rektor: Harapan Bersama

Hngga hari ini Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) hingga hari ini belum menetapkan penjabat (Pj) gubernur.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Iqbal Ramadi Payana menyampaikan, hingga saat ini belum ada SK dari Kemendagri terkait Pj gubernur.

baca juga: Petani Sumbar Harus Maksimalkan Hasil Pertanian

"Kewenangan ada di Kemendagri , sedangkan untuk kabupaten kami memang sudah diminta untuk mempersiapkan nama-nama Pj," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF , Jumat, 29 Januari 2021.

Menurutnya, banyak pertimbangan mengapa belum ditetapkan Pj hingga hari ini. Salah satunya pertimbangan keuangan.

baca juga: Pemprov Sumbar Jajaki Kerjasama dengan Riau untuk Penuhin Kebutuhan Oksigen Medis

"Untuk provinsi kemungkinan pelaksanaan harian (Plh) gubernur yang akan diisi Sekda lalu seminggu kemudian baru dilantik Pj. Biasanya begitu, tapi kita tunggu saja kepastian dari Mendagri ," tururnya.

Untuk diketahui, sebanyak 5 daerah yaitu gugatan dari Hendrajoni-Hamdanus di Pesisir Selatan, Hendri Susanto-Indra Gunalan di Sijunjung, Tri Suryadi-Taslim di Padang Pariaman, Nofi Candra-Yulfadri Nurdin di Kabupaten Solok, dan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo di Limapuluh Kota. (*)

baca juga: Tegas Tidak Boleh Persulit Masyarakat, Kemendagri Jelaskan Hal Ini Terkait Pelayanan Administrasi Kependudukan

Editor: Joni Abdul Kasir