BPBD Sumbar Perkuat Mitigasi Bencana

Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman
Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat (BPBD Sumbar) 2021 ini terus memperkuat mitigasi bencana untuk masyarakat di 7 daerah pesisir pantai.

Penanggulangan bencana dan mewujudkan Sumbar tangguh bencana menjadi skala prioritas. Tidak hanya itu program mitigasi bencana juga akan dimasifkan di daerah yang rawan gempa darat.

baca juga: Mahyeldi Meradang Lihat ASN Pemprov Sumbar Banyak Tidak Pakai Kostum Korpri dan Pin

"Selain mewaspadai gempa berpotensi tsunami . Gempa darat juga patut jadi perhatian. Karena ada beberapa daerah yang dilalui patahan semangko," sebut Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Erman Rahman, Jumat, 29 Januari 2021.

Untuk itu, pihaknya memprioritaskan penguatan mitigasi bencana di tengah masyarakat sehinga lahirnya masyarakat tangguh dan waspada bencana .

baca juga: Gubernur Sumbar Buka Alek Nagari Khatam Alquran di Agam

Selain itu, penguatan kapasitas personel juga menjadi skala prioritas di 2021 ini. Bahkan guru-guru di sekolah bakal dibentuk menjadi mentor mitigasi bencana bagi pelajar. Termasuk juga memberi penguatan pada kelompok siaga bencana (KSB).

Untuk memperkuat mitigasi itu, BPBD Sumbar juga sudah melengkapi sarana prasarana (sapras) penanggulangan bencana . Bahkan pendeteksi dini gempa dan tsunami juga sudah di pasang di sejumlah daerah pesisir pantai.

baca juga: Gempabumi Magnitudo 7.2 Guncang Nias Barat, Terasa Hingga Maninjau Agam

"Sapras kita seperti mobil, kapal air, alat berat dan sejumlah peralatan lainnya posisi stanby dan siap digunakan untuk penangulangan dan dampak bencana ," tuturnya.

Ia menambahkan, dengan mitigasi yang kuat dan peralatan yang lengkap, masyarakat pesisir tidak perlu panik jika terjadi gempa .

baca juga: Mahyeldi Minta Muzakki Bayarkan Zakat Kepada Orang Dekat dari Tempat Tinggal

"Jika gempa terjadi di Mentawai, langkah pertama masyarakat diminta lakukan evakuasi mandiri. Untuk itu disinilah pentingnya mitigasi bencana yang selalu gencar diberikan ke masyarakat," tukasnya.(*)

Editor: Joni Abdul Kasir