Kabupaten Solok Mulai Vaksinasi Covid-19, Tahap Awal Prioritaskan Nakes

Vaksinasi terhadap 18 tokoh perwakilan tandai dimuulainya vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Solok
Vaksinasi terhadap 18 tokoh perwakilan tandai dimuulainya vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Solok (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Setelah sekian lama menunggu, Pemerintah Kabupaten Solok , Sumatra Barat akhirnya melaksanakan proses vaksinasi perdana Covid-19, Senin (1/2/20221) di RSUD Arosuka.

Dalam pencanangan, vaksinasi dilakukan terhadap 18 orang tokoh yang mewakili unsur TNI-Polri, birokrat, politisi, organisasi profesi dan perwakilan tenaga kesehatan.

baca juga: Kunjungi Korban Sodomi, Bupati Solok Minta Polisi Usut Tuntas

Dalam pencanangan perdana itu, Sekda Kabupaten Solok , Aswirman mengatakan, vaksinasi merupakan upaya memutus rantai penyebaran dan penguatan seluruh masyarakat dengan memperkuat ketahanan tubuh untuk melawan virus Corona.

"Masyarakat tidak usah khawatir, vaksin yang digunakan sudah mendapat izin dan MUI dengan diterbitkannya fatwa halal vaksin Covid-19," terang Sekda.

baca juga: Perlancar Vaksinasi Gotong Royong, Pemerintah Tambahan Satu Juta Dosis Vaksin Sinopharm

Saat ini, Jelasnya, kasus Covid-19 di Kabupaten Solok sudah mencapai 753 orang dengan angka kesembuhan 690 kasus (91 %), meninggal 18 (2,3 %). Sementara angka positif rate kabupaten Solok 753 : 8706 sampel = 8,65% atau lebih tinggi dibanding standar WHO yakni 5%.

Kendati vaksinasi Covid-19 sudah mulai dilakukan, Sekda meminta masyarakat dan seluruh pihak untuk tetap disiplin dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

baca juga: Tinjau Vaksinasi Massal di Komplek GBK, Jokowi: Target Seminggu Ini 100 ribu Orang

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Solok , Maryetti Marwezi menjelaskan, untuk tahap awal, Pemkab. Solok sudah menerima 1.269 dosis yang sudah di terima dari Dinkes Provinsi.

"Usai diterima dari Dinkes Provinsi pada Jumat 28 januari 2021, Sesuai jadwal yang telah di tentukan kita laksanakan vaksinasi dengan mengikuti standar prosedur yang sudah ditetapkan," terangnya.

baca juga: Pasca Sidak Bupati Solok, UGD Puskesmas Tanjung Bingkung Kembali Buka 24 Jam

Sesuai tahapan, untuk tahap 1 pasca pencanangan, terang Maryetti, vaksinasi dilaksanakan bagi tenaga kesehatan serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian, untuk tahap dua diprioritaskan bagi bagi petugas publik yaitu TNI, POLRI, dan petugas publik lainya yang meliputi petugas bandara, pelabuhan, stasiun, terminal dan perusahaan daerah serta petugas lainya yang terlibat langsung secara pelayanan kepda masyarakat.

Sementara untuk tahap 3, waktu april -maret 2022 sasaran vaksinasi masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial dan ekonomi. Tahap 4 april 2021- maret 2022 sasaran vaksinasi pelaku perekonomian lainya dengan pendekatan cluster sesuai dengan ketersedian vaksin .

"Setiap orang yang telah divaksin akan diberikan surat keterangan vaksin berupa kartu vaksin covid 19 atau sertifikat elektronik, wacananya nanti dapat di gunakan oleh pelaku perjalanan," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Haswandi