Kemenag Pasaman Barat : Vaksin COVID-19 Halal dan Aman

Pemeriksaan kesehatan Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Yudesri sebelum disuntik Vaksin COVID-19
Pemeriksaan kesehatan Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Yudesri sebelum disuntik Vaksin COVID-19 (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Kepala Kemenag Pasaman Barat , Sumbar meminta masyarakat di daerah itu agar tidak takut untuk menjalani penyuntikan vaksin COVID-19.

"Jangan takut untuk di Vaksin . Karena, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengatakan vaksin ini halal, aman dan baik," sebut Kepala Kemenag Pasaman Barat , Muhammad Nur, Selasa (2/2/2021) usai menjalani penyuntikan.

baca juga: Dua Pejabat Positif COVID-19, Aktivitas Disdikbud Pasaman Barat Ditutup Sementara

Ia menerangkan dalam agama Islam telah diajarkan untuk mencegah penyakit dari pada mengobati. Seperti hal nya saat ini dalam melakukan vaksinasi terhadap diri sendiri.

"Islam sudah mengajarkan kepada kita, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Dengan melakukan vaksinasi , tentu kita sudah mencegah wabah COVID-19," terangnya.

baca juga: Perlancar Vaksinasi Gotong Royong, Pemerintah Tambahan Satu Juta Dosis Vaksin Sinopharm

Untuk diketahui sebanyak 3.680 vial (ampul) vaksin COVID-19 telah tiba di Kabupaten Pasaman Barat pada Kamis (28/1) lalu. Mobil tersebut dikawal anggota Satuan Brimob Polda Sumbar dan Polres Pasaman Barat .

Ribuan vaksin itu rencananya di tahap I dikhususkan penyuntikan untuk para tenaga kesehatan (nakes). Selain itu ditambah 10 orang pejabat esensial didaerah itu dan menyampaikan testimoni usai disuntik.

baca juga: Tinjau Vaksinasi Massal di Komplek GBK, Jokowi: Target Seminggu Ini 100 ribu Orang

Sedangkan testimoni terhadap 10 orang pejabat esensial ini telah dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat Selasa (2/2) yakni unsur Pimpinan DPRD Kapolres, Kajari, Dandim, Ketua MUI dan Sekretaris Daerah.

Kemudian Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Rumah Sakit Daerah, Direktur Rumah Sakit Swasta, Ketua IBI dan Ketua IDI. Tentu usai penyuntikan itu menandakan vaksinasi di Pasaman Barat telah dimulai.

baca juga: Pemerintah Targetkan Sejuta Vaksin Per Hari

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi