Tingkatkan SDM Pariwisata, 54 Pegawai Disbudpar Pasbar Latihan PKS di Pessel

Salahsatu objek wisata Painan yang dikunjungi Disbudpar Pasbar
Salahsatu objek wisata Painan yang dikunjungi Disbudpar Pasbar (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 54 pejabat dan pegawai di lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pasaman Barat ( Pasbar )-Sumbar, mulai dari jabatan kasi, kabid hingga pegawai kontrak mengikuti Pelatihan Kantor Sendiri (PKS) di Painan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Kegiatan ini telah dilaksanakan mulai tanggal 27 hingga 30 Oktober 2016.

Menurut Sekretaris Disbudpar Pasbar Armen, dipilihnya Painan sebagai tempat PKS, karena dari sisi geografis dan topografi Painan memiliki kesamaan dengan Pasbar , diantaranya sama-sama memiliki pesisir pantai yang dijadikan objek wisata.

baca juga: Hari Ini 70 Orang Warga Pasbar Positif Corona, 4 Diantaranya Meninggal Dunia

Ia menjelaskan, para pejabat dan pegawai ini dilatih tentang pengelolaan kepariwisataan yang baik dan benar, sehingga pengunjung atau wisatawan bisa lebih betah ketika berada di objek wisata yang ditawarkan daerah. Tidak itu saja, aparatur di lingkungan Disbudpar juga diperkenalkan dengan masyarakat kelompok sadar wisata yang ada di Painan.

“Pelatihan ini meliputi bagaimana  menerapkan sadar wisata, tata cara pengelolaan objek wisata, mempelajari apa yang harus dilakukan pelaku wisata, serta untuk mengetahui apa-apa saja pendukung kepariwisataan yang harus dilengkapi,” ujar Armen.

baca juga: Sempat Dibawa ke Bukittinggi, BKSDA Lepas Kembali Harimau Sipogu ke Hutan Pasaman Raya

Sementara itu, Kepala Disbudpar Pasbar Abdi Surya mengatakan, di Pasbar ada 63 objek wisata yang terdata. Dari jumlah itu, hanya sebagian kecil yang baru dikelola secara maksimal, yakni wisata bahari Air bangis, Pantai Sasak, Air Terjun Sarasah, Perkampungan Tradisional Minang Kabau, Rumah Gadang Bosa Talu, Bungker Peninggalan Lobang Japang.

Oleh karena itu ia berharap, aparatur yang telah diberikan pelatihan ini mampu mengelola objek wisata yang handal, berdaya saing dan objek wisata Pasbar bisa menjadi destinasi tujuan wisata Sumbar yang sejajar dengan daerah lainya.

baca juga: Disnaker Pasbar Sebut Pelaku Usaha Wajib Berikan BPJS Tenaga Kerja Untuk Karyawan

“Wisatawan yang berkunjung ke Pasbar baru mencapai 125 ribu per-tahun, dan itu hanya banyak dihari tertentu seperti saat lebaran dan libur akhir pekan, dengan perputaran omset baru mencapai puluhan juta saja. Saat ini, Pasbar belum termasuk daerah tujuan wisata Sumbar, tapi hanya daerah penyangga pariwisata. Untuk tahun 2017 Disbudpar Pasbar menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 500 ribu orang pertahun,” ulas Abdi Surya.

[Buyung]

baca juga: Warga Ramai-ramai Minta Bupati Pasbar Copot Pj Wali Nagari Kinali, Ini Alasannya

Penulis: Iwan R