Psikolog Perkembangan Anak UGM: Produk Faber-Castell Stimulasi Perkembangan Optimal

Faber-Castell Soft Launching dan Workshop secara daring, Sabtu, 7 Februari 2021
Faber-Castell Soft Launching dan Workshop secara daring, Sabtu, 7 Februari 2021 (Istimewa)

JAKARTA, KLIKPOSITIF - Masa kanak - kanak adalah masa keemasan (golden period). Masa ini merupakan masa bermain dan belajar anak dari lingkungan. Lingkungan sangat menentukan tumbuh kembang anak dalam pembentukan kepribadian .

Hai itu disampaikan Psikolog Perkembangan Anak dari Universitas Gadjah Mada ( UGM ) Dr. Aisah Indati M.S, saat Faber-Castell Soft Launching dan Workshop secara daring, Sabtu, 7 Februari 2021.

baca juga: Studi: Ajak Anak-anak Bermain di Alam Bebas, Ini Manfaatnya

"Pada masa keemasan ini dibutuhkan beberapa stimulasi dari lingkungan sekitar, supaya anak mengalami perkembangan yang optimal," ungkapnya.

Dari slide menterinya saat memberikan materi dalam workshop bersama awak media dari berbagai media dan daerah di Indonesia, Indati menjelaskan, perkembangan optimal adalah seseorang yang memiliki kecerdasan emosional maupun spiritual, mampu memahami kelebihan dan kekurangan diri serta cepat beradaptasi.

baca juga: Ayah- Bunda, Ini Tips; Cara Atasi Gangguan Konsentrasi Belajar pada Anak Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa SPH

Perkembangan yang optimal, akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariatif, seperti misalnya stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan.

Menurut Indati, produk Creative Art Series Faber-Castell cocok digunakan bagi anak-anak usia pra sekolah hingga anak-anak usia sekolah dasar. Masa ini penting untuk memberikan stimulus yang benar pada anak.

baca juga: Dimana Posisi Tahi Lalat Anda? Simak Artinya

"Ini besar kaitannya dengan kepribadian seseorang dimasa depan. Tahap-tahap perkembangan kepribadian harus terpenuhi dan terisi dengan baik sehingga tercapai perkembangan optimal. Salah satunya dengan menggunakan produk Faber Castell dalam bentuk menggambar, mewarnai serta adan kerja sama antara anak dan orang tua," terangnya.

Dijelaskan Aisah Indati, produk tersebut dapat menstimulasi perkembangan anak dalam hal pengamatan, emosional dan sosial serta motorik halus.

baca juga: 4 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Anak-anak Dimasa Pandemi Untuk Tingkatkan Kekabalan Tubuh

Dilanjutkannya, pengamatan yang dimaksud, karena anak belajar mengamati beragam warna dan bentuk yang ada dalam produk Creative Art Series Faber-Castell. Hal ini akan memacu inisiatif dan kreativitas anak.

Dari sisi emosi dan sosial yakni saat anak bereksplorasi dengan produk, salah satunya melalui proses mencampur berbagai macam warna, hal tersebut mengasah kepekaan emosi (yang melibatkan kreativitas dan inisiatif), serta interaksi sosial anak.

"Selain itu orang tua dapat memantau perkembangan anak dari warna yang digunakan dalam menggambar. Orang tua bisa mengarahkan anak jika secara warna yang digunakan akan menunjukan ada persoalan dalam diri anak secara psikologis," tuturnya.

Sementara stimulasi motorik halus diperoleh saat anak bereksplorasi menggunakan media pewarna, craft, maupun kertas origami, akan melatih kepekaan motorik halus dalam diri anak.

Indati menambahkan kecerdasan emosional anak, amat memegang peranan penting tidak hanya untuk saat ini namun juga di kehidupannya dimasa depan dan hal itu dapat di raih melalui lingkungan yang sehat, mendukung serta diberikan stimulasi - stimulasi salah satunya melalui kegiatan menggambar dan mewanai.

"Dalam teori kecerdasan emosional di bukunya yang berjudul Buku Handbook of Intelligence, Goleman menjabarkan dengan kecerdasan emosional yang baik, hal tersebut pada akhirnya mendorong lahirnya kemampuan dalam memahami emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, memahami emosi orang lain serta memelihara hubungan," sebut Indati.

Pada kesempatan itu, Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Richard Panelewen menyampaikan, tidak ada yang lebih menyenangkan, menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menghasilkan sesuatu yang kreatif. Khususnya di tengah kondisi saat ini, dimana kegiatan masyarakat masih dibatasi.

Produsen alat tulis Faber-Castell memperkenalkan produk terbarunya Creative Art Series. Faber-Castell Creative Art Series, merupakan jawaban bagi para orang tua untuk bereksplorasi bersama, karena produk ini dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan tidak hanya bagi anak , namun orang tua/keluarga dan juga dewasa, termasuk para tenaga pengajar.

Richard menjelaskan, bahwa Faber-Castell Creative Art Series, untuk saat ini terbagi menjadi 6 (enam) produk yakni Stone Deco Art, Colour Your Own Tote Bag, Origami Fashion Design, 3D Art Frame, Make Your Own Kite, dan Air Jet Sport Car.

"Hal unik lainnya dari produk Creative Art Series ini adalah setiap pembeli berhak mengikuti workshop Faber-Castell yang berkaitan dengan jenis produk yang dibeli secara cuma-cuma," katanya.

Workshop dari itu dilanjutkan dengan kegiatan mewarnai anak didampingi orang tua mereka pada wadah yang telah disediakan dan dikirim penyelenggara. Peserta sangat menikmati kerja sama yang dipandu oleh Yayu dari Faber Castell untuk pemilihan dan kombinasi warna. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir