Ini Imbauan Menkes Waspadai DBD di Musim Penghujan

ilustrasi waspada DBD
ilustrasi waspada DBD (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila F Moeloek dalam kunjungan ke Sumbar mengatakan, untuk mengatasi terjangkitnya demam berdarah dengue ( DBD ), masyarakat bisa membuat jebakan model tradisional menggunakan botol, sehingga perkembangbiakan nyamuk bisa dihambat.

“Penyakit DBD ini tidak ada obatnya, sehingga pencegahan adalah solusinya,” ungkapnya usai acara Seminar Pendidikan Etika Kedokteran dan Penerapan Dalam Layanan Masyarakat, di Aula Gubernuran.

baca juga: Termasuk Sumbar, Ini 5 Provinsi yang Melaksanakan Seleksi CPNS Kemenag Hari Ini

Dia juga mengimbau masyarakat membiasakan pola hidup bersih dengan membersihkan genangan air di selokan-selokan. “Masyarakat harus bergerak, soalnya genangan air bersih tempat nyamuk bertelur,” katanya.

Tidak hanya itu, tambah Nila, lingkungan tempat tinggal, pembersihan juga harus dilakukan di sekolah-sekolah. Siswa dan siswi diarahkan untuk gotong royong membersihkan lingkungan sekolah, serta mempraktekkan perangkap nyamuk sederhana.

baca juga: Sampuran Rajo Panjang, Wisata Alam yang Baru Ditemukan di Situak Pasaman Barat

Menkes Nila berharap, Pemprov Sumbar melalui Dinas Kesehatan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat agar melakukan pencegahan DBD . Jangan sampai ada wilayah di Sumatera Barat yang ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD karena terjadi peningkatan kasus dan menyebabkan masyarakat meninggal dunia mencapai dua kali lipat dari kasus sebelumnya.

" DBD masih menjadi masalah kesehatan utama masyarakat. Ini harus ditekan, serta jangan sampai mengjangkiti anak-anak usia produktif yang daya tahan tubuhnya rentan," tutup Nila.

baca juga: Ada Gelandang Muda Semen Padang FC Saat Timnas U-23 Kalahkan Tajikistan 2-1

[Halbert Chaniago]

Penulis: Agusmanto