BPJS Ketenagakerjaan Tanah Datar Bayarkan Klaim Asuransi Rp19,2 Miliar Selama 2020

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar Afdhal menyerahkan kartu peserta BPJamsostek
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar Afdhal menyerahkan kartu peserta BPJamsostek (ist)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Ketenagakerjaan Kabupaten Tanah Datar sudah membayarkan klaim asuransi sebesar Rp19,2 miliar kepada 1.200 orang peserta selama 2020.

"Selama 2020, kita sudah membayarkan klaim asuransi sebesar Rp19,2 miliar. Dana sebesar itu cukup membantu perekonomian daerah Kabupaten Tanah Datar ," ucap Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanah Datar Muhammad Afdhal saat sosialisasi dengan pengurus dan anggota PWI Tanah Datar di Batusangkar, Kamis, 11 Februari 2021.

baca juga: Bus Gumarang Jaya Tabrak 5 Pelajar di Tanah Datar, Begini Kronologinya

Meski demikian, sebut Afdhal, keikutsertaan masyarakat Tanah Datar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan masih sangat minim, baru sekitar 8,9 persen atau sekitar 15.000 orang.

"Untuk itu, kami berharap kepada rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI , dapat menyampaikan informasi pentingnya ikut sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan," tutur Afdhal.

baca juga: Ini Manfaat Infused Water bagi Tubuh Orang yang Berpuasa

Ia menyambut baik upaya pengurus PWI Tanah Datar yang mengikutsertakan calon anggota PWI masuk menjadi peserta jaminan sosial tersebut.

"Selain program jaminan kecelakaan kerja (JKK), pada BPJS Ketenagakerjaan juga ada program jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP). Saat ini ada program baru yakni jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) bagi karyawan yang kena PHK," tutur Afdhal.

baca juga: TSR II Pemkab Tanah Datar Ingatkan Jemaah Masjid Terapkan Protokol Kesehatan

Ia menjelaskan keuntungan ikut program jaminan kecelakaan kerja (JKK) adakah jika peserta mengalami musibah kecelakaan atau meninggal dunia, peserta ditanggung pengobatannya hingga biaya tak terbatas.

"Berapapun biaya perawatannya akan ditanggung, termasuk dana pengganti gaji tiap bulan selama tidak dapat bekerja, untuk perawatan kelas satu dan dua orang anak juga diasuransikan, pendidikannya ditanggung hingga tamat kuliah," kata Afdhal.

baca juga: Berdampak Pembekuan Darah, Sejumlah Negara Dunia Stop Pakai Vaksin Johnson & Johnson

Sementara itu, Ketua PWI Tanah Datar Mustafa Akmal memberikan apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan yang menyosialiasikan perihal perlindungan kerja terhadap anggota dan pengurus karena kerja wartawan cukup banyak resiko.

Ia menyebut setiap wartawan tidak menginginkan terjadi musibah maka dengan adanya jaminan BPJS Ketenagakerjaan ini akan membantu pihak keluarga peserta dengan adanya santunan yang diberikan.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada calon anggota PWI Tanah Datar dan sertifikat Karya Latihan Wartawan (KLW) yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri