Sudah Dibuka, Inilah Langkah dan Cara Mendaftar SNMPTN 2021

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Calon mahasiswa harus memiliki akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), yang telah dinyatakan eligible oleh sekolah dan memiliki nilai yang lengkap. Jika belum memiliki akun, harus mendaftarkan akun terlebih dahulu di website LTMPT.

Berikut ini langkah yang harus dilalui agar dapat mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri ( SNMPTN 2021):

baca juga: Hotma Sitompul Hingga Cita Citata Disebut dalam Sidang Kasus Bansos Juliari P. Batubara

Login di website LTMPT (ltmpt.ac.id/)

Untuk dapat masuk akun, pendaftaran dapat menggunakan alamat email dan kata sandi yang digunakan untuk mendaftar pertama kali. Jika pendaftar memenuhi kriteria, akan muncul tampilan untuk login. Jika tidak memenuhi kriteria akan muncul pesan mohon maaf, anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silahkan mengikuti SBMPTN 2021.

baca juga: Nadiem Makarim Banyak Dikritik, Politisi PDIP Sebut Ada Pihak Incar Posisi Kemendikbud

Melengkapi Data

Setelah berhasil login, pendaftar akan mengisi data orang tua pada bagian profil. Jika telah selesai mengisi, jangan lupa untuk klik tombol simpan. Akan muncul pemberitahuan jika telah berhasil melengkapi data.

baca juga: BI Sebut Banyak Negara Non Muslim Lirik Sistem Keuangan Syariah

Memilih Program Studi

Pendaftar dapat memilih program studi pada menu pilihan, kemudian pilih perguruan tinggi negeri atau politeknik negeri yang muncul. Langkah berikutnya memilih program studi yang diinginkan.

baca juga: Uang Korupsi Bansos Juga Digunakan Juliari P Batubara Untuk Pembayaran Sapi Kurban

Setiap pendaftar memiliki 2 pilihan program studi yang dapat digunakan pada satu perguruan tinggi atau dua perguruan tinggi/politeknik negeri.

Jika memilih 2 program studi, salah satu PTN pilihan harus berada satu provinsi dengan sekolah asal. Jika hanya memilih satu pilihan program studi, dapat memilih dimanapun provinsi perguruan tinggi negeri berada. Jangan lupa untuk menyimpan jika telah selesai memilih program studi.

Mengisi Halaman Portofolio

Pendaftar dapat membuka halaman portofolio jika pilihan program studi mensyaratkan harus memiliki dokumen portofolio. Jika tidak mensyaratkan, tidak perlu diisi.

Mengisi Halaman Prestasi

Pada halaman ini, pendaftar tidak diwajibkan untuk mengisi. Agar peluang diterima lebih besar alangkah baiknya untuk diisi dengan prestasi yang didapat selama sekolah .

Finalisasi

Pendaftar dapat melakukan finalisasi atas data yang akan diunggah dan diyakini sudah diisi dengan benar. Jika sudah finalisasi, data yang sudah diunggah tidak dapat dibatalkan dengan alasan apapun.

Jika tahapan diatas telah dilalui, langkah berikutnya dengan menceklis pernyataan persetujuan untuk finalisasi. Tampilan pada halaman finalisasi akan berubah dengan adanya keterangan waktu dan tanggal finalisasi yang telah dilakukan. Jangan lupa untuk mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Editor: Eko Fajri