Targetkan Hasil Usaha Perternak Meningkat, Ini Cara Dinas Peternakan Pessel

Kepala Disnakkeswan Pessel, Efrianto Z
Kepala Disnakkeswan Pessel, Efrianto Z (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat menargetkan melalui program inseminasi buatan (IB) hasil usaha ternak sapi masyarakat bisa lebih maju.

Kepala Disnakkeswan Pessel, Efrianto Z mengatakan, untuk menggenjot hasil produksi ternak sapi dengan 9400 inseminasi buatan (IB), pada tahun ini.

Menurutnya, target tersebut lebih tinggi dari target tahun sebelumnya yang hanya mencapai 7617 ekor.

\"Tentunya, hal itu kita lakukan dengan gencar sosialisasi serta pendekatan tentang keunggulan IB secara gratis bagi peternak,\" ungkap nya pada KLIKPOSITIF.

Sepanjang lima tahun terakhir, capaian IB di Pessel sudah mencapai hasil signifikan. Dari rata-rata menyasar sampai 10 ribu ekor lebih pertahun. Selama lima tahun angka sudah mencapai 44.941 ekor.

\"Itu tersebar di seluruh kecamatan. Tapi, yang paling dominan dari Bayang sampai Tarusan, dan didukung oleh Batang Kapas sampai Silaut,\" jelasnya.

Ia berharap pelaksanaan IB tahun ini bisa terlaksana baik. Sebab, selain menyasar perbaikan genetik dan tingkat populasi ternak. IB juga diharapkan dapat mendorong petani mengelola ternak secara baik.

\"Dan pada 2021 ini akan kitakan lagi. Sebab, selain perbaikan genetik. IB juga mendorong peternak untuk mengelola ternaknya dengan baik,\" terangnya.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri