Kampus

Tingkatkan Penyebaran Informasi, ITP Jalin Kerja Sama dengan Media di Sumbar

Foto bersama pihak ITP dengan media, Rabu (17/02)
Foto bersama pihak ITP dengan media, Rabu (17/02) (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam upaya lebih luasnya penyebaran informasi, Institut Teknologi Padang ( ITP ) jalin kerja sama dengan media lokal yang ada di Sumbar.

Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, M.T mengungkapkan, media memiliki peran penting dalam penyebaran informasi kepada masyarakat, terutama mengenai informasi terbaru mengenai seputaran kampus tersebut. Pada kegiatan tersebut, Hendri dan masing-masing media langsung menandatangani Momerandum of Understanding (MoU) sebagai bentuk komitmen terhadap kerja sama yang dijalin.

baca juga: SNMPTN: Universitas Brawijaya Perguruan Tinggi Penerima Mahasiswa Terbanyak, UNP Nomor 4

Ia mengatakan, mulai 2021 tahun ini, ITP telah menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang mana hal itu sesuai dengan program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Hal tersebut diungkapkan Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT saat diseminasi dan diskusi dengan SMKN 1 Padang dan SMKN 5 Padang.

Hendri menjelaskan, pada program kurikulum MBKM tersebut, mahasiswa diberikan delapan pilihan belajar yakni pertukaran pelajar, magang atau praktik kerja, Asistensi mengajar di satuan pendidikan, Penelitian atau riset, Proyek kemanusiaan, Kegiatan wirausaha, Studi/proyek independen, Membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik (KKNT).

baca juga: Pengumuman Hasil SNMPTN 2021 Hari Ini, Catat Jam dan Situsnya

"Bahkan untuk program student exchange (pertukaran pelajar), ITP dan Universitas Gadjah Mada (UGM) akan mulai dilaksanakan. Jadi ada beberapa mahasiswa kami yang akan menempuh pendidikannya di kampus tersebut dan mahasiswa dari sana juga akan menempuh pendidikan di kampus kita," ujarnya.

Ia mengungkapkan, program itu diadakan kampus bertujuan untuk memperluas pilihan mahasiswa nantinya untuk berkesempatan belajar di perguruan tinggi terbaik lainnya di Indonesia. Selain UGM, ada banyak perguruan tinggi lainnya yang telah ia ajak kerja sama dalam mendukung terlaksananya program tersebut.

baca juga: Anggota DPR Usul Desain Ulang Pembangunan UIII Sesuai Standar Prokes

Ia juga menjelaskan bahwa ITP juga telah menjalin berbagai kerja sama dengan berbagai mitra untuk program lainnya, seperti BUMN, perusahaan besar internasional, perusahaan multi nasional dan berbagai pihak lainnya.

Berbagai jalinan kerja sama yang dilakukan, katanya, merupakan bentuk keseriusan ITP dalam penerapan kurikulum MBKM di kampus tersebut.

baca juga: 31 Mahasiswa Ikuti Program Magang Bersertifikat di PT Semen Padang

Selain menjalin kerja sama , dalam penerapan MBKM, sebelumnya beberapa bulan lalu ITP juga lolos sebagai penerima Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hal tersebut berdasarkan surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 2087/E2/BP/2020.

Untuk program bantuan MBKM dari Kemendikbud Dikti tersebut, ada tiga prodi yang berhasil lulus seleksi, yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Geodesi. ITP berhasil menerima program bantuan MBKM dengan dana hibah yang akan diterima adalah maksimal Rp60 juta per masing-masing prodi yang lolos.

"Jadi ada banyak informasi yang ingin kita sebarkan kepada masyarakat melalui media. Karena itu saya berharap agar kerja sama ini saling menguntungkan untuk masing-masing pihak," ujar Hendri.

Di sisi lain, ia juga mengungkapkan, pada 22 Februari 2021 nanti, ITP akan menggelar Dies Natalis ke 48 yang akan diadakan di kampus tersebut. Hendri mengungkapkan, karena masih adanya pandemi COVID-19, kegiatan tersebut berlangsung cukup berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan yakni Upacara Senat Terbuka, Roadshow ke kampus II ITP di jalan Bypass, Penyerahan penghargaan pada mitra ITP dan kegiatan lainnya.

"Meski kegiatannya cukup berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, kami berharap agar pelaksanaan Dies Natalis ITP ini sama khidmatnya dengan peringatannya sebelum ini," tuturnya.

Editor: Khadijah