Pamerintah Akan Pangkas Cuti Bersama 2021

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah bakal mengevaluasi soal jadwal cuti bersama di tahun 2021. Kemungkinan jumlah hari cuti bersama akan dikurangi.

"Insyaallah minggu depan kita evaluasi, kemungkinan besar akan kita kurangi cuti bersamanya," kata Muhadjir di sela meninjau kegiatan donor plasma konvalesen di Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa (16/2/2021).

baca juga: Larangan Mudik Lebaran, di Lampung Ada 5 Titik Penyekatan Kendaraan

Meski begitu, Muhadjir belum memastikan berapa hari cuti yang akan dipangkas oleh pemerintah. Karena itu pihaknya bakal menggelar rapat terlebih dahulu bersama sejumlah kementerian dan lembaga terkait.

"Kita bicara dulu dengan kementerian terkait. Ada Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), ada Menaker (Menteri Ketenagakerjaan) ada Menag (Menteri Agama). Terutama yang berkaitan dengan libur keagamaan," ungkapnya.

baca juga: Usai Libur Panjang, 74 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta

Lebih lanjut, Muhadjir memandang kalau kasus Covid-19 cenderung meningkat saat memasuki masa libur panjang. Tetapi, ia tidak menuduh kalau masa libur panjang menjadi penyebab tunggal dari kenaikan kasus tersebut.

"Ada kecenderungan begitu (kasus Covid-19 meningkat). Jadi setiap ada libur panjang. Ada kenaikan kasus, walaupun itu juga tidak variabel tunggal. Ada banyak faktor," pungkasnya.

baca juga: Ada Larangan Mudik Tahun Ini, Ini Kata Dishub Sumbar

Sumber: suara.com

Editor: Rezka Delpiera