Apa Keutamaan Mandi Sebelum Salat Jumat?

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Mandi sebelum salat Jumat sangat dianjurkan untuk umat muslim. Selain menyegarkan tubuh, faktor sahnya salat juga dapat diperhitungkan. Selain mandi , dianjurkan juga untuk sikat gigi, memakai wangi-wangian, dan memakai pakaian yang baik ketika salat Jumat.

Mengutip Islami.co, keutamaan mandi sebelum salat Jumat dijelaskan oleh Rasulullah SAW.

baca juga: Baca Alquran Pakai HP, Bagaimana Hukumnya?

"Siapa yang mandi hari Jumat, sikat gigi, memakai parfum, dan memakai pakaian paling bagus yang dimilikinya, pergi salat Jumat dan tidak melangkahi bahu orang, kemudian salat sunah dan mendengarkan khutbah sampai selesai, serta tidak berbicara, maka diampuni dosa antara Jumat itu dan Jumat sebelumnya." (HR: Ahmad)

Rasulullah SAW menjelaskan, orang yang mengerjakkan amalan sunah seperti mandi sebelum salat Jumat, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya, tidak hanya yang dilakukan pada hari itu, tapi dosa yang dilakukan pada hari Jumat sebelumnya. Dosa-dosa yang diampuni merupakan dosa kecil, sementara untuk dosa besarnya yaitu bertaubat kepada Allah SWT.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Bangun Jembatan untuk SMP Al Falah Bukittinggi

Bila dosa tersebut berkaitan dengan orang lain, selain taubat, diwajibkan untuk meminta maaf dan menyelesaikan masalah tersebut dengan yang bersangkutan.

Selain itu, dijelaskan pula dalam sunah rasul mengenai manfaat mandi sebelum salat Jumat, yaitu mendapat pahala berkurban.

baca juga: Mahyeldi: Punya Ilmu dan Iman, Berhasil Dunia dan Bahagia Akhirat

"Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua, maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) ketiga maka dia seolah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) keempat maka dia seolah berkurban dengan seekor ayam.

Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kelima maka dia seolah berkurban dengan sebutir telur. Dan apabila imam sudah keluar (untuk memberi khuthbah), maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khuthbah tersebut)." (HR. Bukhari no. 881 dan Muslim no. 850).

baca juga: Mahyeldi: Orang Benar-benar Bertaqwa Diangkat Derajatnya

Selain itu, pada sunnah rasul diungkap oleh Ibnu 'Umar, disebutkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa menghadiri salat Jumat baik laki-laki maupun perempuan, maka hendaklah ia mandi . Sedangkan yang tidak menghadirinya -- baik laki-laki maupun perempuan - maka ia tidak punya keharusan untuk mandi ." (HR. Al Baihaqi, An Nawawi mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Editor: Eko Fajri