Tim Pemadam Berhasil Atasi Karhutla yang Mengarah ke Pemukiman di Pessel

Pemadaman Karhutla di Bukit Selayang Pandang Pessel meluas, Minggu 21 Februari 2021 siang
Pemadaman Karhutla di Bukit Selayang Pandang Pessel meluas, Minggu 21 Februari 2021 siang (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Tim pemadam berhasil mengatasi penyebaran titik api kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) yang meluas hingga ke jalan nasional di kawasan Bukit Selayang Pandang, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pessel -Sumbar, Minggu 21 Februari 2021, sore tadi.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pessel , Dongki Agung Pribumi men ungkapkan, pemadaman berhasil dilakukan sekitar pukul 17. 45 WIB tadi. Pemadaman dilakukan dengan upaya penyemprotan ke setiap titik.

baca juga: Masyarakat Penerima Banpres UMKM Serbu Kantor Kas BNI Painan Urus Hal Ini

"Alhamdulillah, sore ini sudah hijau. Dan untuk mencegah penyebarannya kami putus titiknya dengan penyemprotan," ungkapnya pada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, pemadaman hari tadi, pihaknya melibatkan 11 personel damkar dan 2 personel dari BPBD Pessel . Selain, itu masyarakat setempat juga melakukan gotong royong untuk mencegah meluasnya titik api.

baca juga: Dibantu Semen Padang, Korban Kebakaran di Batugadang Terharu

Dari data yang diterima KLIKPOSITIF , tidak ada korban atau kerugian yang ditimbulkan akibat kejadian ini. Pasalnya, penyebaran masih bisa diatasi karena yang terbakar masih di sekitar tebing bukit.

"Alhamdulillah tidak ada rumah penduduk yang kena. Pemadaman api berlangsung dari pukul 15.00 WIB sampai 17.45 WIB," terangnya.

baca juga: Waspada Zat Berbahaya, Pemkab Pessel Imbau Masyarakat Teliti Membeli Makanan

Sebelumnya, Minggu siang tadi, Karhutla di Bukit Selayang Pandang Pessel kembali terjadi. Api meluas hingga ke tebing bukit dan mengancam pemukiman warga.

Tidak hanya itu, peristiwa Karhutla ini juga menyita perhatian pengendara yang melintas di sekitar jalan nasional di kawasan Bukit Selayang Pandang- Pessel . Sebab, area kebakaran sudah hampir memasuki wilayah padat penduduk.

baca juga: Pelajar dan Karyawan Bank di Pessel Sembuh dari COVID-19

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera