Diduga Akibat Puntung Rokok, Lahan Gambut Terbakar di Pasaman Barat

Suasana saat anggota dari Komando Rayon Militer (Koramil) 06 Ujung Gading berupaya memadamkam api di lahan perkebunan kelapa sawit milik Plasma Batang Alin
Suasana saat anggota dari Komando Rayon Militer (Koramil) 06 Ujung Gading berupaya memadamkam api di lahan perkebunan kelapa sawit milik Plasma Batang Alin (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Lahan perkebunan kelapa sawit milik Plasma Batang Alin Permai di Jorong Lubuk Juangan, Kecamatan Sungai Aua, Kabupaten Pasaman Barat - Sumbar hangus terbakar.

"Lahan perkebunan ini, lahan gambut. Diduga terbakar akibat puntung rokok," sebut Komandan Komando Rayon Militer (Koramil) 06 Ujung Gading, Kapten Inf Abdul Kadir, Senin (22/2/2021).

baca juga: Jangan salah, Begini Ciri - Ciri Ikan Tongkol Segar

Menurutnya terbakarnya seluas 1,5 hektare lahan perkebunan kelapa sawit Plasma Batang Alin Permai Blok 10 di Nagari Sungai Aua itu sudah berlangsung sejak Kamis (18/2/2021) lalu.

"Saat pemadaman kita mengalami beberapa kendala, salah satunya sulitnya sumber air untuk menyiram titik-titik api. Awalnya kita dan masyarakat melakukan penyiraman dengan ember dan jeriken," ungkapnya.

baca juga: Menkeu Sebut Prospek Pemulihan Ekonomi Semakin Membaik

"Kemudian kita meminta bantuan berupa selang air milik PT Agrowiratama dan mobil pemadam kebakaran . Kita juga dibantu tenaga dari pihak PT Bakrie Pasaman Plantation sebanyak 50 orang," sambungnya.

Ia juga mengatakan, titik - titik api sudah tidak terlihat lagi sejak Sabtu (20/2). Namun pihaknya masih terus melakukan penyiraman demi mengantisipasi kemungkinan adanya titik - titik api yang tidak terlihat.

baca juga: Pemerintah Buat Satgas Khusus untuk Awasi Pembayaran THR

Disamping itu pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada seluruh karyawan, untuk tidak membuang puntung rokok dan membakar lahan sembarangan disaat musim kemarau yang sedang berlangsung.

"Kita sudah koordinasikan dengan pihak perusahaan yang ada, seperti PT Agrowiratama agar dilakukannya pencegahan dini penyebab terjadinya kebakaran lahan," katanya.

baca juga: Soal Reshuffle Kabinet Usai Jokowi Bertemu Megawati, Begini Respon PDI P

"Dan selain dengan pihak perusahaan kita juga akan melakukan edukasi terhadap masyarakat. Melalui Babinsa telah saya perintahkan," sambungnya mengakhiri.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri