20 Narapidana Lapas Pariaman Ikuti Pelatihan Membuat Kerajinan dari Fiberglass

Kalapas berikan arahan pada narapidana peserta pelatihan
Kalapas berikan arahan pada narapidana peserta pelatihan (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - 20 orang narapidana di Lapas Klas II B Pariaman dilatih untuk membuat kerajinan atau kebutuhan rumah tangga dengan teknik fiberglass.

Pelatihan fiberglass tersebut dibuka oleh Kepala Lapas Klas II B Pariaman , Eddy Junaedi, Senin (22/2/2021) dengan tema Pembinaan Kemadirian Narapidana dalam Pelatihan Teknik Pembuatan Tong Sampah Berbahan Fiberglass.

baca juga: Kesenian Darak Badarak dan Margin X Gagas Pertunjukan Seni di Lapas Pariaman yang Melibatkan Narapidana

"Sebanyak 20 orang narapidana akan mengikuti pelatihan membuat tong sampah berbahan fiberglass. Pelatihan ini kami rencanakan selama enam hari kedepannya," ungkap Eddy Junaedi.

Lebih lanjut Kepala Lapas itu mengatakan, dalam tahun ini, pihaknya akan menggelar pelatihan untuk narapidana sebanyak tiga kali.

baca juga: Ratusan Pelaku Usaha di Pariaman Terima Pelatihan Pengisian LKPM Online

"Semoga dengan adanya pelatihan seperti ini dapat menggali potensi peserta. Jika mereka (narapidana) bebas, mereka telah dibekali berbagai keahlian yang dapat diaplikasikan di tengah masyarakat," kata Eddy.

Lebih lanjut Eddy menuturkan, narapidana yang mengikuti pelatihan terdiri dari narapidana yang asalnya dari berbagai daerah.

baca juga: Genius Umar Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020

Menurut Eddy, nilai guna dari pelatihan tidak hanya membuat narapidana mampu memproduksi karya.

"Lebih dari itu, pelatihan seperti ini bisa membuat mereka lebih terpola dengan hal hal positif yang akhirnya mereka bisa diterima oleh masyarakat jika telah bebas," ulas Eddy.

baca juga: Wako Pariaman Sampaikan Nota Penjelasan LPj APBD dan LKPD TA 2020

Dia berharap, setelah sukses dengan pelatihan, narapidana tidak berhenti berproduksi karya sebatas di lapas saja.

"Hendaknya berguna bagi mereka untuk mata pencarian. Siapa tau dengan pelatihan ini mereka dapat mengembangkan sehingga menjadi profesi yang mensejahterakan hidup," sebut Eddy.

Untuk diketahui, pemateri yang akan mendampingi narapidana dalam pelatihan itu adalah Jupri Anto, seorang yang punya kemampuan dalam hal fiberglass di kawasan Pariaman .

Penulis: Rehasa | Editor: Rezka Delpiera