Pengerjaan Pasar Surantih Pessel Belum Juga Selesai, Pedagang: Lebih Baik Seperti Dulu Saja

Kondisi pasar surantih sejak ada renovasi bangunan. Sejumlah lapak-lapak pedagang tampak mendesak ke pinggir jalan
Kondisi pasar surantih sejak ada renovasi bangunan. Sejumlah lapak-lapak pedagang tampak mendesak ke pinggir jalan (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pedagang di Pasar Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat mengeluhkan lambatnya pengerjaan bangunan pasar setempat. Pasalnya, sudah enam bulan pengerjaan pasar tersebut berjalan belum memperlihatkan hasil akan selesai.

Bahkan pantauan KLIKPOSITIF , Selasa 23 Februari 2021 pagi, di sekitar areal pengerjaan tidak ada aktivitas lagi, dan tidak ubah seperti ditinggal pemborong, karena tidak satupun pekerja yang terlihat dalam area pembangunan.

baca juga: Ingin Jadikan Air Terjun Talago Indah Sebagai Destinasi Wisata, Ini Langkah Wali Nagari Paninjauan

Salah seorang pedagang menyebut, bahwa aktivitas tersebut sudah terpantau dalam satu bulan ini. Tidak ada akitifitas lagi.

"Ya, sejak 15 Januari 2021 kemarin sudah tidak ada pengerjaan lagi. Informasinya, pemborongannya kehabisan modal," ungkap Ijul (54) salah seorang pedagang di pasar tersebut.

baca juga: Jadi Komut PT KAI, Jubir Said Aqil Siradj: Gajinya Digunakan Untuk Sedekah

Menurut Ijul, lama proses pengerjaan pasar Surantih itu, saat ini para pedagang tidak lagi bisa berjualan seperti biasanya. Terlantar, akibat lapak-lapaknya digusur dan membuat sebagian pedagang berjualan di emperan pasar .

"Jadi ya begini. Bersempit-sempit, tidak ada tempat mau bagaimana lagi. Pasar yang ditunggu juga belum kunjung selesai," terangnya.

baca juga: Menkes Sebut Hal Ini Sebagai Tantangan Terbesar Vaksinasi Covid-19

Saat ini, tampak para pedagang seperti menyesal akan ada pembangunan tersebut. Bahkan ada diantara pedagang berkilah, jika kondisinya seperti saat ini, tidak usah saja ada pembangunan pasar .

"Ya, daripada begini. Lebih baik seperti dulu saja. Tidak jelas kapan selesainya, sementara kami harus setiap hari berdagang," ujar Eni pedagang lainnya.

baca juga: Ingat Jangan Sembarangan Unggah Sertifikat Vaksin Covid-19 di Medsos, Ini Alasannya

Terpisah hingga berita ini diturunkan, KLIKPOSITIF belum mendapat jawaban dari pejabat berwenang setempat. Pasalnya, saat dihubungi melalui Kadis Koperindag Pessel , Azral, ia mengaku sedang sakit.

Sementara, saat dicoba menghubungi Kabid Perdagangan, Dinas Koperindag Pessel , Hendra Kurniawan melalui telpon, nomornya tidak dapat dihubungi, dan hingga kini KLIKPOSITIF masih berupaya untuk mendapat keterangan jelas terkait pasar tersebut.

Diketahui sebelumnya, Pasar Surantih ini diresmikan pengerjaan oleh Bupati Pessel sebelumnya, Hendrajoni sejak 25 September 2020 lalu.

Berdata data yang didapat KLIKPOSITIF , pasar ini akan direnovasi menjadi Pasar Semi Modern. Anggaran disebutkan lebih kurang Rp.18 miliar dan dikerjakan secara bertahap selama tiga tahun anggaran.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri