Gelar Pangeran Harry Resmi Dicabut, Pangeran William Syok dan Kecewa

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Pangeran Harry dan Meghan Markle ((youtube.com/Entertainment Tonight))

KLIKPOSITIF - Kerajaan Inggris resmi mencabut semua gelar Pangeran Harry. Pengumuman tersebut dikeluarkan setahun setelah Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur dari anggota senior kerajaan.

Melansir Elle, pencabutan gelar tersebut dibarengi dengan hilangnya semua perlindungan kerajaan terhadap Duke dan Duchess of Sussex. Gelar militer kehormatan Pangeran Harry juga dicabut.

baca juga: Muncul ke Publik Pasca Lengser dari Presiden Amerika, Ini Kata Donal Trump

"Duke dan Duchess of Sussex telah mengonfirmasi kepada Yang Mulia Ratu bahwa mereka tidak akan kembali bekerja sebagai anggota Keluarga Kerajaan Inggris," tulis pernyataan yang dikeluarkan Istana Buckingham.

"Mengikuti pembicaraan dengan Duke, Ratu telah melakukan konfirmasi bahwa dengan mundur dari tugas keluarga kerajaan, tidak mungkin untuk tetap melakukan tanggung jawab dan tugas seputar pelayanan publik."

baca juga: Kakek Ini Kaget Melihat Tagihan Listriknya Capai Puluhan Miliar, Perusahaan Listrik Lakukan Pengecekan

"Meski sedih dengan keputusan tersebut, Duke dan Duchess tetap menjadi anggota keluarga yang dicintai," imbuh pihak kerajaan.

Pernyataan ini lantas ditanggapi oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle. Keduanya menyebut bahwa mereka akan tetap berkomitmen terhadap tugas dan pelayanan kepada Inggris dan dunia, terlepas dari peran resmi.

baca juga: Uni Eropa Gugat Indonesia atas Sengketa Kebijakan Bahan Mentah, Ini Komentar Menteri Perdagangan

"Kita semua bisa menjalani hidup dengan melayani. Pelayanan adalah hal universal," ujar juru bicara Meghan dan Harry.

Sayangnya, respons tersebut membuat Pangeran William kecewa. Pangeran William menyebut bahwa dirinya "sangat sedih dan syok" dengan perilaku sang adik.

baca juga: Minyak Mentah WTI Sentuh Level Tertingginya Sejak 2019

Menyadur Fox News, sebuah sumber yang dekat dengan Pangeran William juga menyebut bahwa sang Duke of Cambridge merasa sangat kecewa.

Tidak hanya itu, Pangeran William juga menganggap bahwa tanggapan Pangeran Harry dan Meghan Markle adalah sesuatu yang "melecehkan dan tidak sopan" terhadap Ratu.

"Kau tidak seharusnya membalas Ratu seperti itu, ini tidak perlu dilakukan," ungkap sebuah sumber dari kerajaan Inggris.

"Dia sangat kecewa dengan apa yang terjadi, tapi yakin bahwa hubungannya dengan Harry akan membaik seiring berjalannya waktu," tambah teman dekat Pangeran William.

Gelar Pangeran Harry yang dicabut antara lain adalah gelar di Royal Marines, RAF Honington, Royal Navy Small Ships and Diving, The Queen's Commonwealth Trust, The Rugby Football Union, The Rugby Football League, The Royal National Theatre, dan The Association of Commonwealth Universities.

Editor: Eko Fajri