BPBD Padang Tambah Tiga Perahu Karet Tanggulangi Bencana

Dua orang anak sedang berdiri ditengah banjir (ilustrasi)
Dua orang anak sedang berdiri ditengah banjir (ilustrasi) (klikpositif/Zulkifli)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kota Padang , menyatakan tiga perahu karet segera ditambah pada tahun 2017 untuk memperkuat kesiap siagaan bencana di daerah itu.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang , Nasrul Sugana, Kamis 3 Oktober 2017, mengatakan pada tahun 2017 tiga perahu karet akan ditambah untuk daerah ini, dimana anggarannya berasal dari APBN dan APBD.

baca juga: Kejaksaan Akan Musnahkan Barang Bukti 237 Ton Gula , Kuasa Hukum Xaveriandy Sutanto Lakukan Hal Ini

"Dari APBN kita sudah pasti dapat satu perahu karet, sedangkan dari APBD diusahakan BPBD dapat dua perahu karet," kata Nasrul.

Ia menambahkan, penambahan tersebut diperlukan karena sampai saat ini BPBD masih perlu memperkuat peralatan kebencanaan, agar Padang siap dalam menghadapi setiap kemungkinan bencana alam yang terjadi.

baca juga: Gebyar Vaksinasi Massal Padek-Semen Padang di Transmart

Penambahan perahu karet dari APBD dijelaskannya memakai anggaran yang mencapai Rp250 juta. Anggaran tersebut masuk dalam pembahasan KUA-PPAS 2017.

Penambahan tersebut dikarenakan sampai saat ini BPBD Padang baru memiliki enam perahu karet, dan kebutuhan mencapai 10 unit.

baca juga: AJI Padang Bangun Kantor di Gunung Pangilun Padang

"Saat ini kami juga tergantung pada bantuan dari Marinir, Brimob, dan instansi lain yang berkaitan dengan tanggap cepat bencana alam," jelasnya.

Selain itu, untuk kesiap siagaan bencana di daerah tersebut, juga dibantu oleh 2.000 Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang sudah terbentuk.

baca juga: Diskominfo Padang Beri Pelatihan Singkat Kepada KIM

Menurutnya, meskipun saat ini sarana dan prasarana terbatas pihaknya akan memberikan pertolongan semaksimal mungkin jika terjadi bencana alam di daerah itu. (*)

Penulis: Eko Fajri